3 Atlet Panjat Tebing Junior Tambah Mental Tanding di Singapura Open

Atlet PON  Jabar latihan, (asep anwar)

Atlet PON Jabar latihan, (asep anwar)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Guna mempersiapkan diri menjelang PON XIX/ 2016, Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jabar akan memberangkatkan tiga atlet nomor boulder di kejuaraan Singapura Open pada 16-19 Juni 2016, sedangkan di waktu yang bersamaan atlet sped dan lead akan menjalani pemusatan latihan di Lembah Harau Provinsi Sumatra Barat, selama satu bulan penuh.


Ketua Umum FPTI Jabar Insan Budiman mengatakan, ke-3 atlet tersebut usianya kurang lebih baru 20 tahun dan memang mereka masih junior tapi sudah bisa masuk Pelatda, maka dari itu pihaknya ingin menjajal kemampuan ketiga atlet tersebut terutama mengukur mental tanding.

“Kita lihat kehebatan mereka disana sudah sejauh mana,” ucapnya kepada wartawan saat ditemui di KONI Jabar, (6/6).

Meskipun ke-3 atlet junior mengikuti kejuaraan di Singapura, Insan mengaku, pihaknya tetap mempersiapkan program latihan secara optimal. Sebagai gantinya, sebagaian atlet akan melakukan pemusatan latihan di Lembah Harau Sumatera Barat pertengahan Juni 2016. Tempat tersebut dipilih, karena memiliki kecuraman tebing alami yang bisa melatih mental, teknik dan improvisasi atlet saat memanjat.

“Di Lembah Harau, atlet akan berlatih dengan medan tebing hasil karya alam bukan buatan manusia. Lokasi tersebut sengaja dipilih karena memiliki sedikitnya 50 jalur pemanjatan yang menantang,” paparnya.

Disinggung mengenai pembiayaan selama menjalani TC, Insan menuturkan, sementara semua masih ditangani dan bisa dihandle oleh pihak Pengda FPTI Jabar.

“Pasti nanti juga ada penggantian dari KONI Jabar. Sekarang mumpung masih ada waktu jadi manfaatkan sebisa mungkin,” tegasnya.

Saat ini, kata Insan, komposisi atlet panjat tebing Pelatda Jabar hanya menyiapkan 26 atlet yang terdiri dari 15 putra dan 11 putri yang akan berlaga di nomor lead, speed dan boulder dimana dari total 18 medali emas yang diperebutkan, tim panjat tebing Jabar ditargetkan bisa meraih 5 medali emas di PON XIX/ 2016 Jabar.

“Kami berupaya sebisa mungkin memberikan berbagai pelatihan baik latihan di dalam maupun di luar negeri untuk bisa meraih haraparan target,” tandasnya.(cr3)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …