Hasil Sidak Pasar Jelang Ramadan, Harga Daging Sapi Relatif Stabil

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Tim gabungan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertapa), Badan Pengawasan Olahan Makanan (BPOM), Kepolisan, Satpol PP dan anggota Komisi B Kota Bandung Kamis (2/6) malam melakukan inspeksi mendadak ke pasar-pasar tradisional, salah satunya Pasar Ciroyom.


“‎Berdasarkan monitoring harga di Pasar Ciroyom dan beberapa pasar lainnya, harga daging sapi jelang ramadan relatif stabil di kisaran harga Rp 110 ribu/kg dan untuk daging sapi peruntukan sirloin di kisaran Rp 120 ribu/kg,” ujar Kepala Dispertapa Kota Bandung Elly Wasliah.

Menurut Elly, hal itu menunjukkan bahwa jelang ramadan harga daging sapi di Kota Bandung relatif stabil dan berarti stok dalam kondisi aman.

“Bahkan, hingga H-2, H-1 baik daging sapi dan daging ayam harganya masih stabil. Atau untuk daging ayam di kisaran Rp 32 ribu/kg,” jelas Elly‎

Selain memantau harga, pihaknya melakukan pengawasan mutu pangan. Mulai dari tes kehalalan dan daging terbebas dari oplosan daging celeng.

“Dari hasil uji mutu dan kehalalan, semua menyatakan halal dan bebas daging celeng, bebas kandungan boraks dan formalin,” papar Elly. ‎Dipastikan daging ayam berasal dari ayam sehat, selama sidak pun tidak ditemukan penjualan daging beku impor.

Sementara, anggota komisi B DPRD Kota Bandung, Endun Hamdun mengatakan, pihaknya optimistis bisa menekan harga. Harga saat ini bisa dipertahankan karena kondisi dan stok aman.

“Kalaupun mengalami kenaikan hingga 20% masih bisa ditolerir,” kata Endun.‎

Disinggung keinginan presiden agar harga daging di Rp 80 ribu/kg, Endun menjawab, hal itu kemungkinannya sangat kecil.

“Kalau Rp80 ribu, sangat mustahil. Sekarang saja sudah menembus angka Rp100 ribu lebih,” tegasnya.

Dan soal uji lab yang dilakukan, lanjut Endun, semua memuaskan. Dalam artian daging ayam, sapi ataupun daging laut seperti ikan, udang dan lainnya negatif bahan-bahan berbahaya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds