Dekati Ramadan, Harga Daging Ayam di Cimahi Diprediksi Naik

Pedagang daging ayam

Pedagang daging ayam

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI–Para pedagang memprediksi harga daging ayam akan naik mencapai Rp 40.000/Kg pada H-1 jelang bulan Ramadan. Kenaikan harga tersebut akan diikuti oleh sejumlah bahan pokok lain.


Salah seorang pedagang di Pasar Atas, Asep Yuyun (51) mengatakan naiknya harga komoditas daging sudah biasa terjadi pada saat momen bulan Ramadan.

“Sekarang harga daging ayam sudah Rp. 34.000/Kg. Nanti H-1, bisa saja mencapai Rp. 40.000/Kg,” ujarnya.

Asep pun mengatakan, harga akan kembali turun di pertengahan bulan puasa. “Naiknya harga hanya di awal-awal bulan puasa. Tapi nanti pertengahan bulan puasa turun lagi harganya. Lalu mahal lagi pada saat jelang lebaran,” katanya.

Hal itu ia anggap wajar karena permintaan pasar sangat tinggi. Walikota Cimahi, Atty Suharti yang ditemui di Pasar Atas, Cimahi, juga menilai wajar kenaikan harga beberapa pahan pokok jelang ramadhan. Karena, permintaan meningkat.

Berdasarkan hasil pantauan langsung Atty ke pasar tradisional, sejumlah bahan komoditas di setiap pasar di Kota Cimahi rata-rata naik.

“mulai dari ayam apalagi daging (sapi) mengalami kenaikan harga,” kata Atty.

Kenaikan harga yang paling mencolok, terang Atty, terjadi di komoditas harga daging sapi. Kenaikan harga daging sapi mencapai angka Rp 20.000.

“Paling tinggi, daging sapi sekarang Rp 120.000, tadinya Rp 100.000,” terangnya.

Disinggung mengenai kemungkinan mengimpor daging sapi, dikatakan Atty, hal itu merupakan kebijakan dari pemerintah pusat. Meski demikian, ia menilai potensi daging sapi dalam negeri harus diutamakan.

“Jika memang kebutuhan sudah mendesak untuk dilakukan impor, itu hak dari pemerintah pusat untuk memutuskan,” katanya.

Untuk meringankan beban masyarakat, Pemerintah Kota Akan melakukan Operasi Pasar untuk beberapa bahan makanan. Pihaknya akan melakukan Operasi Pasar (OP) dan akan bekerjasama dengan Pemerintahan Provinsi.

Hal serupa disampaikan Kepala Bidang Perdagangan Diskopindagtan Kota Cimahi, Fitriandy Kurniawan. Ia mengatakan akan melakukan Operasi Pasar pada pertengahan bulan puasa nanti.

“Operasi pasar kemungkinan tanggal 21-22 Juni (2016,” katanya.

Operasi pasar nanti, akan dibagi menjadi dua bagian. Ada operasi pasa umum dan operasi pasar khusus. “OP umum, apa saja yang dianggap terlalu tinggi kenaikannya. OP khusus ditujukan kepada rumah tangga sasarann harganya sangat murah,” terangnya.

Operasi pasar khusus pendistribusiannya akan melalui Kecamatan. Hali itu dilakukan untuk mengantisipasi kecemburuan dari para pedagang di pasar tradisional.(bbb)

Loading...

loading...

Feeds