Selama Bulan Puasa Jam Kerja PNS Cimahi Dikurangi

Pegawai Negeri Sipil. Foto: Ilustrasi

Pegawai Negeri Sipil. Foto: Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI–Jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Cimahi dikurangi selama bulan suci Ramadan. Pengurangan jam kerja ini bertujuan untuk efisiensi dan produktivitas kerja para abdi negara.


Walikota Cimahi, Atty Suharti mengatakan, pengurangan jam kerja berdasarkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Cimahi nomer 061.2/2482/org tentang pengurangan jam kerja PNS pada bulan Ramadan. Menindaklanjuti SE Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB).

“Walapun sedang puasa tapi kinerja tetap harus bagus, alangkah lebih baik lagi ditingkatkan. Keputusan ini mengacu kepada (pemerintah) pusat,” ujar Atty saat ditemui di Pemkot Cimahi Jln. Demang Hardjakusuma, Kamis (2/6).

Atty mengatakan, efisiensi dan produktivitas kerja para abdi negara tetap harus dijaga meski jam kerja dikurangi.

Rutinitas jam kerja PNS berubah dari awal masuk kerja pukul 07.30 WIB dan pulang pukul 16.00 WIB. Selama bulan suci Ramadan, jam kerja PNS di lingkungan Pemkot Cimahi untuk hari Senin-Kamis pegawai masuk kerja pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB dengan waktu istirahat pukul 12.00-12.30 WIB.

Sedangkan jam kerja pada Jumat dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB dengan waktu istirahat pukul 11.30-12.30 WIB.

Atty Suharti mengatakan, pengurangan jam kerja sudah dilakukan setiap tahun jika memasuki bulan ramadhan. “Sudah dari tahun-ytahun sebelumnya jam kerja dikurangi, sehingga tidak akan jadi persoalan,” katanya.

Namun, ia secara tegas ia mengingatkan kepada para PNS untuk tidak terlambat datang ke kantor saat menjalankan ibadah puasa.

“Saat jam kerja, PNS jangan bermalas-malasan. Puasa tidak boleh dijadikan alasan untuk mengurangi layanan. Sebaliknya, puasa adalah momentum untuk memperbanyak ibadah,” ujarnya.

Atty mengaku akan memantau terus kedisiplinan PNS. Jika ada yang melanggar, maka sanksi akan diberikan mulai dari teguran lisan hingga surat peringatan.

“Dengan begitu, saya yakin dengan pengurangan jam kerja selama bulan ramadan tidak mengurangi kualitas pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.(bbb)

Loading...

loading...

Feeds