Sebelum Lebaran, Perbaikan Jalan di KBB Sudah Tuntas

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, KBB–Menunjang kelancaran arus mudik lebaran 2016 ini, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dalam hal ini Dinas Bina Marga, Sumber Daya Air, Mineral dan Pertambangan (DBSDAP) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menargetkan untuk perbaikan sejumlah kerusakan jalan di wilayah selatan, selesai sebelum perayaan Lebaran 2016.


Kepala DBSDAP KBB Adang Rachmat Safaat mengatakan, bahwa sepanjang jalan Cihampelas hingga Gunung Halu akan segera diperbaiaki untuk memlancarakan arus mudik tahun ini.

“Seperti sepanjang jalan dari mulai Cihampelas hingga Gunung Halu yang berlubang akan ditutup dan harus selesai sebelum lebaran, ini untuk antisipasi jelang hilir mudik saat lebaran,” tutur Adang kepada wartawan di Ngamprah, Kamis (2/6).

Menurut Adang, sejumlah kerusakan jalan di wilayah selatan 90 persen diantaranya telah selesai dikerjakan dalam hal pembangunan, perbaikan dan pemeliharaannya. Sementara sisanya akan dikerjakan dalam tahun anggaran 2016 ini. “Tahun 2016 ini kita akan menggarap sisanya yang belum digarap tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Selain itu dirinya menjelaskan, bahwa tahun ini untuk anggaran pembangunan, perbaikan pemeliharaan jalan tahun ini sebesar Rp 120 miliar. Alokasi anggaran tersebut, akan diprioritaskan ke sejumlah daerah di wilayah selatan seperti jalan di kecamatan Batujajar, kecamatan Cihampelas, Kecamatan Cililin, Kecamatan Sindangkerta, Kecamatan Pongkor, Kecamatan Rongga dan Kecamatan Gunung Halu.

“Perbaikan jalan untuk tahun anggaran 2016 itu 120 miliar dari APBD, namun ada juga yang dari PLTA Upper Cisokan dan ada juga dari CSR Taman Jaya,” katanya.

Lebih jauh, Adang menyebutkan, panjang jalan di KBB seluruhnya mencapai 553,65 KM. Dari sepanjang jalan itu, 300 KM diantaranya berstatus jalan kabupaten dimana 240 KM diantaranya, diakui Adang, telah mendapat sentuhan perbaikan jalan.

Adang menjelaskan, pihaknya bukan tanpa alasan memfokuskan perbaikan jalan ke daerah selatan. Selain daerah selatan merupakan daerah yang paling banyak kerusakan, diharapkan juga dapat meningkatkan ekonomi dan fasilitas transportasi bagi masyarakat.

Dalam pelaksanaan perbaikannya nanti, jalan-jalan tersebut, ada yang menggunakan sistem hotmix, ada juga yang menggunakan sistem betonisasi. “Daerah selatan itu terakhir dibangun 2008, diharapkan dengan perbaikan jalan ini bisa meningkatkan ekonomi dan fasilitas transformasi masyarakatnya,” katanya.

Selain perbaikan jalan, kata Adang, pihaknya pun akan memperbaiki sejumlah kerusakan penerangan jalan umum (PJU) di wilayah selatan sebagai penunjang menghadapi arus mudik nanti.

“Kita sudah siapkan dan siaga untuk jalan-jalan mudik. Penerangan jalan pun sudah kami instruksikan untuk dilakukan perbaikan jika ada yang rusak. maka jika dilapangan saya ngecek lampu ada yang padam maka Kabid harus datang,” pungkasnya. (bie)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …