LSM GMBI Gerudug Gedung DPRD Jabar

LSM GMBI melakukan aksi membakar ban di depan Gedung DPRD Jabar sebagai bentuk aksi percepatan pembentukan tim Pansus. (asep rahmat)

LSM GMBI melakukan aksi membakar ban di depan Gedung DPRD Jabar sebagai bentuk aksi percepatan pembentukan tim Pansus. (asep rahmat)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ratusan massa yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI), pagi tadi, Kamis, (2/6), mendatangi gedung DPRD Jawa Barat untuk berunjuk rasa menuntut kepada wakil rakyat segera membentuk tim pansus dalam upaya mengawasi persiapan dan pelaksanaan PON XIX/ 2016 Jabar.


Sejak pukul 09.00 Wib, masa GMBI terus berdatangan dan berkumpul di depan pintu masuk Gedung DPRD Jabar. Orasi dibarengi berbagai tuntutan terus diucapkan yang dimana salah satunya mengenai pembentukan tim pansus mengenai pelaksanaan PON XIX/ 2016 Jabar. Tak luput mereka-pun membakar ban sebagai aksi bentuk protes.

Ketua LSM GMBI, Fauzan, menegaskan dan mendesak kepada pihak DPRD Jawa Barat segera membentuk tim pansus dan rekomendasi audit investigasi terpisah untuk menangani KONI Jabar, PB PON XIX dan Disorda. Tujuannya, tidak lain agar dana hibah 2016 yang jumlahnya tidak sedikit bisa tepat sasaran.

“Sesegera mungkin mengingat pelaksanaan PON XIX sebentar lagi,” ucapnya kepada wartawan saat ditemui di sela-sela unjuk rasa, (2/6).

Sekitar pukul 11.00 Wib, beberapa perwakilan GMBI dipersilahkan masuk untuk menyampaikan aspirasinya dan diterima langsung oleh Anggota Komisi V DPRD Jabar, Chumaedi.

Saat audiensi, Fauzan menyampaikan beberapa hal, diantaranya bahwa KONI Jabar yang merupakan lembaga non pemerintah adalah tolak ukur bagian dari pelaksanaan PON XIX. Selain itu, kata Fauzan, berbagai laporan yang masuk terkait adanya indikasi dugaan penyalahgunaan dana hibah KONI Jabar bisa berakibat fatal terhadap masa depan atlet yang akan berlaga dan membela nama Jabar saat PON XIX.

“Selain aparat hukum dewan bertanggung jawab atas penggunaan dana hibah kepada KONI yang merupakan uang rakyat dan tupoksi dewan juga yang berperan atas penganggaran dana tersebut,” terangnya.

Sementara itu, Chumaedi, menanggapi aspirasi tersebut dan akan berupaya mengawal bersama-sama gerakan pansus nanti. Akan tetapi anggaran 2016 yang dikhawatirkan ada penyalahgunaan belum bisa di periksa, karena Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) 2015 baru diserahkan dari BPK RI kepada Gubernur hari ini (kemarin-red) dan bila ada temuan-pun bisa dilakukan setelah paripurna.

“Baru anggaran 2015, sedangkan untuk 2016 LHP-nya pasti tahun depan,” imbuhnya.

Meski demikian, pihaknya akan berupaya sebisa mungkin memenuhi aspirasi rakyat, dia juga mengajak semua elemen untuk memantau kinerja pansus nanti dengan tim dari pihak eksekutif tentang LHP 2016.

“Tidak bisa secara tiba-tiba dibentuk tim pansus, harus dirundingkan dengan pimpinan yang lain karena pekerjaan kita bukan hanya itu saja. Namun, mari kita selesaikan bersama secara transparan,” tandasnya.(cr3)

Loading...

loading...

Feeds

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Rachmat Yasin Dituntut Empat Tahun Bui

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dituntut empat tahun penjara atas kasus korupsi. Yasin diduga menerima gratifikasi dari …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …

Ratusan Prajurit Kodam Divaksin Sinovac

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ratusan prajurit TNI dijajaran Kodam III/Siliwangi menerima suntikan Vaksinasi Sinovac. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf …