Duh… dalam Semalam Empat SD Kemalingan

Petugas tengah melakukan olah tkp. (bahi)

Petugas tengah melakukan olah tkp. (bahi)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI–Dalam semalam, empat Sekolah Dasar (SD) yang berlokasi di Jln. Encep Kartawiria, Kel. Citereup, Cimahi Utara, dibobol maling pada Rabu (1/6) dini hari. Kerugian yang dialami oleh pihak sekolah diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.


Empat sekolah tersebut berada di satu kompleks yang sama. Hal tersebut memudahkan maling untuk menjarah ruang guru ke empat SD tersebut dan mengambil sejumlah barang berharga.

Keempat SD ini yaitu SDN Citeureup 2, SDN Citeureup 3, SDN Cempaka dan SDN Mawar. Dalam aksi tersebut, barang yang hilang untuk SDN Citeureup 2 yaitu 1 unit infokus, SDN Citeureup 3 (2 unit infokus), SDN mawar (2 unit laptop, 2 unit notebook dan uang Rp 300 ribu) dan SDN Cempaka (1 unit kamera digital).

Aksi kawanan maling tersebut terekam kamera CCTV yang dipasang disalah satu sekolah. Dari rekaman, diperkirakan maling tersebut berjumlah lima orang.

Meraka masuk ke kawasan SD dengan terlebih dahulu memanjat gerbang sekolah. Di dalam sekolah, mereka membongkar teralis jendela dan pintu untuk mengambil barang berharga.

Pihak sekolah mengetahui kejadian tersebut esok harinya setelah penjaga sekolah, Yanuar (35) masuk pada pukul 05.00 WIB. “Saat masuk, saya lihat jendela ruang kepala guru SDN Mawar yang terletak didepan rusak,” katanya saat ditemui di lokasi, kemarin.

Setelah memeriksa ke ruangan kepala sekolah, ia melihat kondisi ruangan berantakan. Rupanya, selain ruang guru SDN Mawar, ruang guru SDN Citereup 2, SDN Citeureup 3 dan SDN Cempaka juga mengalami hal serupa.

“Saya juga dapat informasi sekolah lain juga sama (kebobolan maling). Langsung saja saya melaporkan kejadian tersebut ke petugas Polres Cimahi,” ujarnya.

Tak lama setelah melaporkan kejadian tersebut, pihak Polres Cimahi langsung memeriksa TKP. Petugas pun mengamankan rekaman yang terlihat gerak gerik pelaku saat masuk sekolah. Hingga kini petugas masih melakukan penyelidikan untuk menciduk pelakunya.

Salah seorang staf Tata Usaha (TU) SD Citeurep 2 Cimahi yang enggan disebutkan namanya mengatakan, meski ada pencuri ke sekolah, dia menyatakan aktifitas belajar mengajar siswa tidak terganggu namun semua data siswa termasuk data rahasia sekolah tidak bisa diselamatkan.

“di laptop banyak terdapat data rahasia seperti BOS (bantuan operasional sekolah) dan lain-lainnya, “terangnya.

Sementara itu, salah seorang Staf Seksi Sarana dan Prasarana Pendidikan dasar dan menengah, Dinas Pendidikan dan Olahraga Cimahi, Dian Faisal menuturkan, saat ini SD di Cimahi belum mempunyai penjaga malam sekolah atau yang menetap di sekolah. Para penjaga ini hanya bertugas pagi hari sampai aktifitas sekolah selesai.

“Memang belum ada penjaga yang menetap disekolah seperti jaman dulu. Bahkan SD-SD juga belum mempunyai CCTV, padahal itu penting,” ujarnya.

Menurut Dian, pihaknya sudah mengajukan agar tiap sekolah dipasang CCTV. Untuk tiap sekolah minimal dipasang 2-4 unit CCTV.

“Kami juga akan menghimbau sekolah untuk ada penjaga sekolah malam hari,” ujarnya.
Dituturkan Dian, peristiwa pencurian saat ini bukan untuk pertama kali terjadi ditahun 2016. Sebelumnya aksi serupa menimpa SDN Cibabat 2, SDN Cibabat 4 dan SDN Cibabat Mandiri 5.

Menurut Dian, rata-rata kawanan maling tersebut masuk keruang guru. Sebab barang-barang berharga seperti komputer, laptop dan lainnya ada diruang guru.
“Kalau di ruang kelas kan tidak ada apa-apa. Jadi sasarannya ruang guru,” ujarnya.(bbb)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …