Wushu Jabar Perkenalkan Dua Pelatih Asal China

Dua pelatih asal China siap mengasah kemampuan atlet wushu Jabar. (asep rahmat)

Dua pelatih asal China siap mengasah kemampuan atlet wushu Jabar. (asep rahmat)

POJOKBANDUNG.com, PON – Guna meningkatkan dan mempersiapkan diri menghadapi PON XIX/ 2016 Jabar, cabang olahraga wushu Pelatda Jabar sudah mendatangkan dan memperkenalkan dua pelatih asal Negara China yakni bernama Sun Zhuo Feng melatih kategori Santa (tarung) dan Zhang Wen Li melatih Taolu (seni/gerak).


Keduanya dihadirkan dalam konferensi pers di Ruang Kominfo KONI Jabar untuk memperkenalkan diri kepada jajaran pengurus dan pelatih wushu Jabar serta menerangkan berbagai agenda program latihan.

Ketua Pengprov Wushu Jabar, Edwin Sanjaya menjelaskan, kenapa memilih pelatih asal Negara China. Hal tersebut didasari selain beladiri wushu lahir di negeri tirai bambu, negeri tersebut juga merupakan barometer atlet wushu tingkat dunia.

“Kedua pelatih yang kami ajak kerjasama merupakan atlet nasional dan jelas level Indonesia masih berada di bawah China” ucapnya kepada wartawan di ruang Kominfo KONI Jabar, (31/5).

Edwin menambahkan, dengan kedatangan dua pelatih asal China ditambah 2 pelatih lokal diharapkan bisa melatih semaksimal mungkin kepada ke-23 atlet Pelatda Jabar yang terbagi dari 11 atlet kategori Santa dan 12 atlet kategori Taulo.

“Yakin, pelatih yang berkompeten ditambah atlet berpotensi bukan halangan bagi kami lolos jadi juara umum meski waktu gelaran PON XIX tinggal 4 bulan,” ungkapnya.

Dipihak lain, Sun Zhuo Feng menceritakan kenapa dirinya mau melatih atlet Pelatda Jabar. Dia beranggapan, Indonesia khususnya Jabar memiliki daya tarik tersendiri yang didasari pengalaman pertama ketika meninjau pelatihan wushu beberapa waktu yang lalu dimana dia disambut dengan ramah serta tuturkata yang sopan.

“Saya tidak hanya melatih tingkat nasional saja, bila memang ada atlet Pelatda Jabar memiliki potensi besar menjadi juara, saya akan bawa ke tingkat Internasional,” ungkapnya.

Adapun program latihan yang akan diberikan, lanjut dia, yaitu dalam waktu kurang lebih 4 bulan kekuatan stamina akan terus digenjot mengingat kategori Santa memang fokus dibantingan. Dirinya juga meminta kepada pengurus wushu Jabar untuk menyediakan data-data kontingen terberat untuk mengukur peta kekuatan lawan.

“Atlet harus mau tahan banting dengan program latihan yang saya buat, bukan hanya perorangan tapi semua,” tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan, pelatih kategori Taolu, Zhang Wen Li. Menurut dia, sebelum datang ke Jabar pihaknya sudah membuat berbagai program latihan singkat yang bisa diterapkan kurang lebih 3,5 bulan. Diantaranya, setiap satu hari harus bisa memahami satu variasi gerakan.

“Meski perlu bertahun-tahun memahami tehnik Taolu saya rasa atlet Jabar tidak memulai dari nol jadi jeda waktu yang saya buat bisa merubah kemampuan atlet jabar secara drastis,” imbuhnya.

Sementara itu salah seorang atlet wushu kategori Taolu, Monica Fransisca menuturkan, dengan bergabungnya kedua pelatih asing di Pelatda Jabar semoga bisa mendongkrak prestasi yang diharapkan dan dirinya-pun akan mempersiapkan mental dan fisik untuk program latihan yang baru.

“Saya harap kedua pelatih bisa menyamaratakan program latihan, mengingat banyak atlet banyak atlet junior,” tandasnya.(cr3)

Foto Asep Rahmat/ Radar Bandung

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …