Wow…200 Ulama Se Jabar Silaturahmi Jelang Ramadan untuk Kendalikan Ini

Silaturahmi ratusan ulama di Gedung Sate guna kendalikan harga jelang Ramadan dan Lebaran.

Silaturahmi ratusan ulama di Gedung Sate guna kendalikan harga jelang Ramadan dan Lebaran.

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Tak kurang 200 ulama berpengaruh di Jawa Barat (Jabar) menghadiri silaturahmi menjelang Ramadan yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Jabar dan Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jabar di Aula Barat, Gedung Sate, Selasa (31/5).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar sekaligus menyampaikan tausiyah mengenai pentingnya pengendalian inflasi jelang datangnya bulan suci Ramadan dan Hari Raya Lebaran 2016.

Menurut anggota Dewan Pengarah Forum Koordinasi Pengendalian Inflasi Provinsi Jabar, Rosmaya Hadi, kegiatan ini bertujuan memberikan pembekalan kepada para ulama mengenai inflasi dan dampaknya terhadap masyarakat.
“Pada gilirannya, para ulama diharapkan dapat memberikan penjelasan sekaligus ajakan kepada masyarakat, terutama masyarakat menengah ke atas melalui ceramah, tausiyah, kultum, dan media sosialisasi lainnya, untuk tidak berperilaku konsumtif terutama pada saat Ramadan dan hari raya Lebaran. Dari sisi pedagang pun, diharapkan aksi ambil untung maupun spekulasi dapat diminimalisasi,” ujar Rosmaya yang juga Kepala KPw Bank Indonesia Jabar, kepada wartawan di Gedung Sate, kemarin.

Rosmaya menyebutkan, silaturahmi ulama merupakan salah satu agenda tahunan FKPI. Upaya pengendalian inflasi melalui sosialisasi mengenai inflasi ini menjadi sangat penting, terutama dengan adanya kecenderungan terjadinya gejolak harga setiap menjelang maupun selama bulan Ramadan sehingga mendorong terjadinya inflasi.

“Menyikapi kenaikan harga-harga tersebut, kami FKPI Jawa Barat memiliki beberapa program strategis dalam pengendalian inflasi Ramadan 1437 H. Program dimaksud diantaranya program pasar murah yang dimotori teman-teman dari Disperindag Jabar, Bulog Divre Jabar yang Insya Allah akan diselenggarakan bersama rekan-rekan perbankan di Jabar, pengendalian ekspektasi masyarakat melalui siaran pers, talkshow dan tentunya forum ulama ini,” jelasnya.
Dengan adanya forum silaturahmi ulama ini, Rosmaya berharap, berdampak positif terhadap laju pergerakan inflasi di Jabar.

Sementara, Wagub Jabar Deddy Mizwar mengatakan, hari besar keagamaan seringkali menjadi waktu dimana harga kebutuhan pokok naik dan mengakibatkan terjadinya inflasi.

“Menimbang peran ulama dalam masyarakat adalah sosok yang dipandang dan didengarkan dalam masyarakat, untuk itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama dengan Bank Indonesia bermaksud mengajak ulama se-Jabar untuk ikut berkontribusi menyampaikan pentingnya pengendalian inflasi melalui pengaturan pola konsumsi masyarakat dan penetapan margin yang wajar kepada para pedagang,” papar Wagub. (nto)

Loading...

loading...

Feeds