Rekonstruksi Ungkap Pembunuhan Ibu Kos Telah Direncanakan Tersangka

Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKB M Joni. (nida)

Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKB M Joni. (nida)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Reka ulang kasus pembunuhan ibu kos di Jalan Batik Jonas, Bandung, Selasa (31/5), sejak pukul 09.30-11.30 Wib berjalan dengan 16 adegan. Reka ulang digelar oleh tim Reskrim Polrestabes Bandung.


Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP M Joni mengatakan, tersangka Michael (18) telah merencanakan pembunuhan terhadap pengelola kos, Susanti Lambria Tobing. Hal tersebut terlihat dalam rekonstruksi kasus tersebut.

Saat kejadian, Michael yang tengah berada di kamarnya yaitu di lantai bawah terlihat keluar kamar sambil membawa sebilah pisau ketika menaiki tangga menuju kamar korban.

“Dalam adegan rekonstruksi, terlihat pelaku memang telah merencanakan pembunuhan terhadap korban. Dia berpura-pura naik ke lantai dua, menurut pelaku dia mencari kamar mandi padahal di dalam kamarnya juga ada kamar mandi,” ujar Joni kepada wartawan di lokasi kejadian, Jalan Batik Jonas Kota Bandung, Selasa (31/5).

Joni menegaskan, motif Michael melakukan pembunuhan tersebut karena sakit hati.

“Dia (pelaku, red), sakit hati karena pernah difitnah mencuri uang oleh korban,” tegasnya.

Setelah melakukan pembunuhan, menurut Joni, pelaku sempat kabur dari kos tersebut. Barang bukti pisau yang digunakan untuk mengeksekusi Susanti dibuangnya di daerah Saritem.

“Dia sempat kabur dan membuang barang bukti kejahatannya di daerah Saritem lalu melarikan diri ke Jakarta. Selanjutnya pelaku kembali lagi ke Bandung, petugas melakukan pengejaran dan menangkap pelaku di daerah Gatot Subroto,” bebernya.

Joni menuturkan, rekonstruksi kejadian pembunuhan tersebut terbagi dalam 16 adegan, mulai dari tahap perencanaan, eksekusi hingga pelaku kabur.

Rekonstruksi tersebut dilakukan pihak kepolisian, guna menggambarkan kejadian secara gamblang di depan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“Dengan dilakukannya rekonstruksi ini, ada kejelasan dan melengkapi berkas penyelidikan sebelum nanti kita serahkan ke pihak Kejaksaan,” tandasnya.

Susanti Lambria Tobing (42), tewas di kamar kosnya yang berlokasi di Jalan Batik Jonas, Kota Bandung (10/5) lalu. Dari hasil outopsi diketahui Santi tewas akibat dua luka tusukan di bagian pinggang dan di bawah dada.(nda)

Loading...

loading...

Feeds

Telkomsel Hadirkan To The POIN Festival

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA–Menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Telkomsel kembali memberikan program spesial kepada seluruh pelanggan setia dengan menggelar …