Inilah Terowongan Kereta Api Terpanjang di Dunia

denah terowongan terpanjang dunia.

denah terowongan terpanjang dunia.

POJOKBANDUNG.com, JENEWA – Rabu (1/6) nanti akan menjadi hari bersejarah, khususnya di dunia perkeretapian. Setelah 17 tahun menunggu, terowongan kereta api terpanjang di dunia bernama Gotthard Base Tunnel (GBT) akan diresmikan dan beroperasi penuh Desember mendatang.

Rencananya, Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Prancis Francois Hollande, dan Perdana Menteri (PM) Italia Mattteo Renzi hadir pada pembukaan nanti.


GBT ini adalah mimpi dari insinyur asal Swiss Carl Eduard Gruner sejak 1947 atau 69 tahun lalu. Namun, pembangunannya baru terealisasi pada 1999. GBT memiliki panjang 57 kilometer. Terowongan kereta api terpanjang di dunia sebelumnya adalah Seikan di Jepang yang mencapai 53,9 kilometer.

Ada beberapa terowongan yang digali menembus gunung, jika ditotal mencapai 152 kilometer. Pemerintah Swiss mengeluarkan dana USD 12 miliar (Rp 163,8 triliun) untuk menyelesaikan GBT. Pembangunannya dilakukan 2.400 pekerja. Untuk membangun GBT, lebih dari 28 juta ton batu harus dikeluarkan dari gunung yang dilewati GBT.

Mereka menggunakan mesin bor sepanjang 410 meter untuk membuat lubang tersebut. ’’Ini adalah capaian yang besar di dunia teknik,’’ ujar Kepala Institusi Teknik Sipil di London Maretin Knights.

Dengan adanya GBT, jarak Zurich ke Milan menjadi 2 jam 40 menit. Lebih cepat satu jam dibandingkan rute sebelumnya. Pemerintah Swiss memperkirakan perjalanan dengan kereta api ke depan terus naik. Dari sembilan ribu orang saat ini menjadi 15 ribu orang pada 2020.

GBT bisa dilewati 260 kereta api barang dan 65 kereta api penumpang per hari. Kecepatan kereta bisa sampai 200 kilometer per jam. Dengan adanya GBT, arus lalu lintas pengiriman barang akan menjadi lebih efisien. (afp/sha/c15/kim/adk/jpnn)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …