Ini Kiat Ridwan Kamil Agar Pancasila Tetap Melekat di Masyarakat

pancasila

pancasila

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Agar Pancasila bisa lebih diingat masyarakat, perlu diimplementasikan dengan program. Itu diungkapkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.


“Jadi, Pancasila itu, bukan sekadar dihapalkan tapi harus bisa diimplementasikan dalam kehidupan modern,” ujar Ridwan Kamil kepada wartawan, Senin (30/5).

Di Kota Bandung, lanjut Ridwan Kamil, sila pertama Pancasila diimplementasikan dengan program magrib mengaji.

“Kita juga memberikan keberpihakan kepada kaum minoritas untuk membuat tempat peribadatan. Meski, didemo warga, kalau yang saya lakukan sudah sesuai prosedur ya dijalankan saja,” papar Ridwan Kamil.

Di sila ke dua, menurut Ridwan Kamil, ada program ayo bayar zakat. Sehingga urusan kesejahteraan masyarakat bisa diselesaikan oleh masyarakat lagi.

“Kalau pemerintah, hanya memotivasi,” terangnya.

Untuk sila ke tiga, Kota Bandung memberikan bantuan kepada kota-Kota di Indonesia yang membutuhkan bantuan.

“Kita memberikan bantuan kepada Kota Banjar, Banjarmasin, Bangka selatan, termasuk menyumbangkan 600 pasang sepatu untuk Papua,” paparnya.

Sila ke empat diimplementasikan dengan menyiapkan ruang publik. Sehingga, masyarakat bisa memberikan aspirasi kepada pemerintah. Sedangkan sila ke lima, diimplementasikan dengan pemberian kredit melati yang sudah membantu warga miskin bebas dari rentenir.

“Jadi yang kaya tambah kaya, yang miskin tidak tambah miskin,” tambahnya.

Untuk memperingati hari lahir Pancasila dan Pidato Bung Karno pada 1 ‎Juni mendatang, rencananya diperingati di Gedung Merdeka dan dihadiri Presiden Jokowi.

‎”Semua tokoh bangsa lembaga negara akan hadir ke Bandung, akan ada pidato tentang kepancasilaan ke gedung Merdeka, di pagi hari akan ada pawai juga, masyarakat dipersilakan hadir, di tanggal 1 Juni ada kemungkinan juga kita menziarahi situs Bung Karno, situs penjara Bung Karno yang jaraknya hanya 500 meter dari Gedung Merdeka,” katanya.

Selain itu, Ridwan Kamil menyampaikan, selama sebulan ke depan akan ada kegiatan-kegiatan yang akan menguatkan nilai-nilai kepancasilaan khususnya di Kota Bandung.

“Kita akan memguatkan lagi nilai-nilai kepancasilaan khususnya untuk masyarakat kota Bandung,” kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengajak warga Kota Bandung untuk menyaksikan parade yang akan digelar di Jalan Asia Afrika.

“Silakan datang ke Jalan Asia Afrika nonton parade, sekalian sambut pak Presiden,” katanya.

Setelah parade, rombongan kenegaraan akan mengikuti seremoni pembacaan Pidato Bung Karno di Gedung Merdeka. Setelah itu, ada napak tilas ke lapas Banceuy.

Ridwan Kamil menambahkan, akan ada lomba sketsa Bung Karno, lomba pakai peci mirip Bung Karno dan lomba Baca Puisi Pancasila.

“Nantinya, bulan Juni akan di‎canangkan sebagai Bulan Bung Karno,” pungkasnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds