Pemprov Jabar Bakal Launching Citarum Bestari, Siapkan Rp 24 Miliar Dana Normalisasi

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Wagub Deddy Mizwar saat meninjau sampah Sungai Citarum beberapa waktu lalu. Foto: Khairizal Maris

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Wagub Deddy Mizwar saat meninjau sampah Sungai Citarum beberapa waktu lalu. Foto: Khairizal Maris

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemprov Jawa Barat menyiapkan langkah anyar untuk mengoptimalkan normalisasi Sungai Citarum. Kali ini, upaya pembersihan sungai bakal melibatkan banyak pihak, termasuk TNI/Polri.


Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, gerakan Citarum Bestari akan melibatkan sekitar 12.500 massa yang terdiri dari Pemprov Jabar, pemerintah kabupaten/kota, TNI/Polri, mahasiswa, aktivis lingkungan, dan masyarakat umum dari sekitar 200 desa di sekitar Sungai Citarum.

Terdapat beberapa kegiatan dalam usaha pembersihan sungai yang akan dikerjakan mulai 2 Juni mendatang hingga akhir tahun itu.

“Tanggal 2 Juni akan launching Citarum Bestari dengan melibatkan lebih banyak stakeholder,” kata Heryawan. Ia menyebut, anggaran yang digelontorkan untuk kegiatan selama enam bulan ini mencapai Rp 24 miliar.

Menurutnya, Citarum Bestari meliputi pembersihan sungai secara massif pada 2-8 Juni. Seluruh personel yang berjumlah 12.500 itu akan mengangkat setiap sampah dan kotoran yang mencemari sungai terpanjang di Jabar ini.

Heryawan optimistis, operasi sampah yang akan dilakukan serentak di setiap bagian Sungai Citarum ini memberikan hasil yang maksimal.

“Insya Allah dampaknya ada. Jangankan enam hari berturut-turut, dua hari saja (pembersihan sungai) di Cijagra dampaknya besar. Ini pembersihan sungai menyeluruh, serentak,” tegasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …