Soal Perda Layak Anak, Ini yang Diinginkan DPRD Cimahi

DPRD Cimahi

DPRD Cimahi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI--DPRD Kota Cimahi berharap Peraturan Daerah (Perda) Cimahi tentang Kota Layak Anak bisa berlaku di tahun ini. Hal tersebut dirasa penting dalam hal memenuhi hak dan perlindungan anak.


Demikian disampaikan Anggota Komisi I DPRD Kota Cimahi, Siti Yanti saat ditemui di Kantor DPRD Kota Cimahi, Jl. Djulaeha Karmita, Kota Cimahi, Jumat (27/5). “Kami (DPRD) menginginkan tahun ini Perda Kota layak anak sudah bisa berlaku,” katanya.

Keinginan tersebut tidak terlepas dari berbagai kasus kekerasan dan pelecehan terhadap anak di berbagai daerah. Dengan Perda tersebut ia anggap bisa menjadi upaya pencegahan.

Ditambah, semua prosedur terkait Perda tersebut sudah selesai dirampungkan oleh badan legislasi (Banleg). “Saat ini kami menunggu progress dari pihak pemkot yang menyampaikan usulan tersebut ke Pemerintah Provinsi dan Kemendagri,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam poin yang dibuat dalam Perda Kota Layak Anak, terdapat berbagai upaya dalam memenuhi hak dan perlindungan anak.

“Dalam perda tersebut diatur terkait dengan perlindungan anak, sarana dan prasarana, syarat administrasi dasar, pendidikan, dan hak mendapatkan persamaan serta perlindungan,” jelasnya.

Jika Perda sudah berlaku, Siti katakan semua SKPD akan berperan dalam mendukung perda tersebut. Contohnya, sarana dan prasarana akan melibatkan Dinas Pekerjaan Umum (PU), sementara dalam hal administrasi melibatkan Disdukcapil. Begitu juga dalam pemenuhan pendidikan yang akan melibatkan Dinas Pendidikan.(bbb)

Loading...

loading...

Feeds