Ini Enam Puskesmas Baru yang Diresmikan Bupati Abubakar

Bupati Abubakar saat meresmikan Puskesmas baru di KBB. (habibie)

Bupati Abubakar saat meresmikan Puskesmas baru di KBB. (habibie)

 


POJOKBANDUNG.com, KBB–Bupati Bandung Barat Abubakar meresmikan enam puskesmas baru Dengan Tempat Perawatan (DTP) di Puskesmas DTP Cikalongwetan di Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (26/5). Enam Puskesmas DTD baru tersebut berlokasi di Padalarang, Cililin, Rajamandala, Jayagiri, Gununghalu, dan Cikalongwetan.

Bupati Bandung Barat, Abubakar mengatakan, pembangunan dan perbaikan puskesmas merupakan indikasi pemerintah dalam upaya meningkatkan infrastruktur pelayanan kesehatan yang tidak pernah putus. Pemerintah terus berupaya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Pemerintah berharap dengan semakin baiknya pelayanan kesehatan, maka akan semakin meningkat pula derajat kesehatan masyarakat,” kata Abubakar seusai meresmikan Puskemas Cikalongwetan di Cikalongwetan, Kamis (26/5/2016).

“Kabupaten Bandung Barat memiliki 32 puskemas, dimana 6 di antaranya Puskesmas DTD berlokasi di Padalarang, Cililin, Rjamandala, Jayagiri, Gununghalu, dan Cikalongwetan,” kata Abubakar.
Abubakar mengatakan, Puskesmas DTP Cikawet yang menghabiskan anggaran Rp 2,1 miliar tersebut merupakan puskesmas yang dibangun menggunakan tahun anggaran 2012 yang saat ini diresmikan karena secara fisik dianggap telah selesai dikerjakan dan telah selesai diaudit oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan).

“Puskesmas ini produk tahun 2012 yang secara fisik telah selesai dikerjakan dan telah selesai diaudit BPK juga,” kata Abubakar kepada wartawan disela-sela peresmian, kemarin.

Dalam peresmian kali ini, lanjut Abubakar, pihaknya mengimbau kepada warga masyarakat dan petugas Puskesmas untuk selalu bekerjasama dan selalu sinergis dalam rangka meningkatkan kesehatan baik dimulai dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekitarnya.

“Ada motto dalam kesehatan ini, lebih baik mencegah daripada mengobati, mulailah dari lingkungan keluarga kemudian lingkungan sekitarnya,” kata Abubakar.

Di tempat yang sama Kadinkes KBB Pupu Sari Rohayati mengatakan, jumlah total seluruh Puskesmas di KBB saat ini berjumlah 32 Puskesmas. Dari jumlah itu, untuk Puskesmas DTP berjumlah 6 Puskesmas. Masing-masing Puskesmas DTP itu berada di Jayagiri, Cikawet, Rajamandala, Cililin, Gunung Halu dan Padalarang.

Lebih lanjut, dikatakan Pupu, untuk Puskesmas DTP Cikawet sendiri dalam pembangunannya menelan anggaran sebesar Rp 2,1 miliar yang bersumber dari bantuan Gubernur Jabar. Puskesmas DTP ini rencananya akan ada penambahan untuk satu Puskesmas yang berada di Cibodas Lembang. Rencananya, untuk pembangunan pisik ditargetkan harus selesai di akhir tahun 2017.

“Kalau Puskesmas di Cibodas Lembang nanti selesai untuk pisiknya maka akan masuk akreditasi menteri kesehatan menjadi Puskesmas DT juga,” ujarnya.

Pupu menjelaskan, seiring dengan ditetapkannya program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) maka keberadaan dokter untuk Puskesmas DTP paling tidak minimal harus ada 3 dokter tetap. Sementara untuk Puskesmas PTP (Puskesmas Tanpa Penginapan) minimalnya harus ada 2 dokter tetap.

Sementara untuk kebutuhan dokter di KBB sendiri, diakui Pupu, saat ini di sejumlah wilayah masih ada yang membutuhkan tambahan dokter. Namun demikian, pihaknya berupaya untuk memenuhi standar yang disesuaikan dengan program BPJS untuk setiap tahunnya.

“Seperti di puskesmas Cirata saat ini masih satu dokternya, dan kita settiap tahunnya selalu mengupayakan terpenuhi untuk masalah kebutuhan dokter ini,” pungkasnya. (bie)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …