Atletico Lebih Bertaji Ketimbang Real Madrid dalam Adu Penalti, Ini Buktinya

Ilustrasi tendangan Penalti Atletico Madrid

Ilustrasi tendangan Penalti Atletico Madrid

POJOKBANDUNG.com, MILAN – Hantu siklus empat tahunan final Liga Champions sudah mengintai San Siro, Milan, Minggu dini hari WIB (29/5). Hantu itu siklus final yang harus diakhiri dengan babak adu tendangan penalti.


Nah, sekarang tinggal siapa yang dapat mengatasi hantu itu? Apakah Real Madrid? Atau Atletico Madrid?

Kalau siklus itu benar-benar terjadi, jangan ragu menyebut Atletico pemenang Liga Champions musim ini. Sebab, statistik membuktikan Los Rojiblancos lebih berpengalaman menghadapi situasi tersebut ketimbang Real.

Atletico layak terbiasa menghadapi adu tendangan penalti. Karena, dalam Liga Champions dua musim terakhir mereka tak pernah dijauhi dewi fortuna tiap kali berhadapan adu penalti.

Bahkan, progress-nya menanjak dari saat mengalahkan Bayer Leverkusen musim lalu dan menyingkirkan PSV Eindhoven musim ini.

Ketika menyingkirkan Leverkusen dari fase 16 Besar Liga Champions 2014-2015, persentase keberhasilan anak buah Diego Simeone dalam mengeksekusi penalti hanya 60 persen.

Persentase itu langsung menanjak jadi 100 persen begitu delapan penggawa Atletico menuntaskan tugasnya sebagai algojo di balik kemenangan 8-7 atas PSV.

Tapi, Diego Simeone, entrenador Atletico sendiri seperti dikutip Four Four Two menolak anggapan dirinya selalu mengagendakan latihan adu tendangan penalti. Terutama saat menghadapi laga-laga krusial seperti melawan Real Madrid ini.

“Berlatih tendangan penalti? Itu tidak masuk akal,” seloroh El Cholo, sapaan Simeone.

Namun, kalau itu yang terjadi, statistik di Transfermarkt mencatat, sepanjang musim ini Atletico lima kali menghadapi laga dengan tendangan penalti.

Tiga laga di Liga Champions, dua lainnya di La Liga. Meskipun Griezmann terlibat empat kali di antaranya, masih ada Torres yang menjadi opsi algojo penalti selain Griezmann.

Itu belum termasuk Koke, Gabi, Juanfran, Saul Niguez, Jose Gimenez dan Filipe Luis yang punya naluri algojo penalti.

Bagaimana dengan El Real? Cristiano Ronaldo Cs tidak sesukses Atletico. Statistik di dalam situs resmi UEFA mencatat, dari tiga kali menghadapi situasi babak tos-tosan di kompetisi Eropa, satu kali saja Real dipayungi dewi fortuna.

Itu pun sudah terjadi sangat lama, yaitu pada babak kedua European Cup (sekarang Liga Champions) 1986-1987 melawan Juventus, menang 3-1.

Sisanya, tumbang.Termasuk dikalahkan Bayern Muenchen dalam semifinal Liga Champions 2011-2012 silam dengan skor 1-3. 

Loading...

loading...

Feeds

Tersangka, Rizieq Syihab Terancam 6 Tahun

Polda Metro Jaya akhirnya resmi melayangkan surat panggilan kepada Rizieq Syihab. Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu dipanggil terkait kerumunan saat …

Rizieq Syihab Terancam Pidana

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab telah meninggalkan Rumah Sakit (RS) Ummi di Kota Bogor, Sabtu (28/11).