Warga Korea Terancam Disel 5 Tahun

Warga Korea saat diperiksa petugas,

Warga Korea saat diperiksa petugas,

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Berkas tersangka kasus dugaan pemalsuan dokumen WNI yang dilakukan pasangan suami istri asal Korea, Philip Choi Jae Ho dan Shim Yea Jin dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Bandung, Jl Jakarta, Bandung, Selasa (24/5).

Berkas dan kedua tersangka dilimpahkan penyidik Imigrasi Bandung, Ahmad Nur Shaleh dan diterima JPU Jaksa Penuntut Umum Mumuh Ardiansyah SH. “Selanjutnya akan dilanjutkan penyidikan tahap kedua,” terang Penyidik Imigrasi Bandung, Ahmad Nur Shaleh kepada Radar Bandung.

Kedua tersangka memiliki KTP, kartu keluarga, akte kelahiran dan surat nikah asli, tapi diduga palsu. Kedua tersangka memiliki semua dokumen WNI tersebut tanpa menempuh prosedur yang benar sesuai peraturan. Akibat perbuatannya mereka dikenakan UU No 6 Tahun 2011 Pasal 126 tentang pemalsuan dokumen yang dipalsukan dalam memperoleh paspor, sekaligus memberikan data yang tidak sah atau keterangan yang tidak benar untuk memperoleh paspor. “Ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun dan pidana denda Rp 500 juta,” ujar Ahmad.

Sementara JPU, Mumuh Ardiansyah SH mengatakan, kedua tersangka dikenakan KUHP Pasal 263 tentang pemalsuan surat dan dokumen dengan ancaman penjara 6 tahun penjara. Mumuh mengakui pihaknya kesulitan dalam berkomunikasi saat penyidikan tahap dua, karena kedua tersangka kurang fasih berbahasa Indonesia, sehingga pihaknya meminta penyidik Imigrasi Kelas 1 Bandung untuk menghadirkan penerjemah.
Di tempat yang sama, kuasa hukum kedua tersangka, Okus SH mengatakan, kedua tersangka hanya korban dari perilaku aparat pemerintah dalam mengurus dokumen WNI. “Kami juga meminta jaksa supaya RT, RW sampai ke tingkat Dinas Kependudukan Kota Bandung untuk diproses,” tegas Okus. (ca)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Libur Natal-Tahun Baru Dipangkas 3 Hari

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA– Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) akhirnya jadi dipangkas. Pemerintah memutuskan mengurangi jatah libur Nataru selama …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …