Astaga… Sejumlah Monyet ‘Serbu’ Kantor Pemkot Cimahi

monyet ekor panjang berkeliaran di kantor Pemkot Cimahi. (bahie)

monyet ekor panjang berkeliaran di kantor Pemkot Cimahi. (bahie)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI–Sejumlah monyet jenis ekor panjang (Macaca Fascicularis) berkeliaran di lingkungan Kantor Pemerintah Kota Cimahi. Diduga hewan jenis primata ini berasal dari kawanan yang berada di tempat wisata, Curug Cimahi.


Dari pantauan, monyet terlihat menggelantung di pohon yang berada di Komplek Kantor Pemerintah Kota Cimahi. Sesekali, mereka diam di pelataran gedung lantai empat dekat kantin Pemkot.

Salah seorang pedagang di Kantin Pemkot, Indra (27) mengatakan, keberadaan monyet sudah diketahui sekitar seminggu yang lalu.

“Udah sekitar seminggu lah di pohon, kadang datang ke gedung dekat kantin,” katanya.

Disinggung mengenai keberadaan monyet tersebut mengganggu, Indra mengaku tidak pernah merasa demikian. “Ga pernah mengganggu sih. Soalnya belum pernah sampai masuk ke kantin,” ujarnya.

Bahkan, para pedagang yang berada di kantin kerap berinisiatif memberikan makanan kepada monyet dengan cara menyimpan makanan di luar kantin.

Sementara itu, ditemui di tempat terpisah, Kepala Bidang Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perekonomian Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) Kota Cimahi, Asep Herman mengaku akan melakukan tindakan terhadap monyet tersebut.

“Kami akan melakukan tindakan dengan cara menangkap dan membius, besok (hari ini, Red) karena harus mempersiapkan alatnya. Sekaligus mencari tahu asal keberadaannya, apakah dari alam liar atau peliharaan,” ujarnya.

Tindakan tersebut sebagai upaya pencegahan kera mengganggu atau bahkan menggigit manusia. Pasalnya, kera merupakan salah satu penyebab penyebaran rabies.

Lebih lanjut Asep menduga Kera tersebut berasal dari kawasan wisata, Curug Cimahi atau hewan peliharaan. Alasannya, monyet tersebut sudah terbiasa bertemu dengan manusia.

“Ya mungkin asalnya mereka (monyet) dari curug Cimahi, yang habitatnya terganggu, jadi kabur. Atau hewan peliharaan, bisa jadi,” katanya.(bbb)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …