Warga Kota Bandung Banyak yang Individualis, Ridwan Kamil Bikin Rapor Warga

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG—Sikap invidualistis mulai menyergap warga Kota Bandung. Setidaknya, itu tergambar dari banyaknya keluhan sejumlah ketua RW kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tentang warganya yang individualis.


“Jadi di Kota Bandung sekarang, banyak penduduk yang sudah enggan kerja bakti, atau sekadar kumpul warga untuk bersosialisasi. Mereka lebih sering mewakilkan acara warga kepada pembantu, dan beranggapan semua selesai dengan uang,” ujar Ridwan Kamil kepada wartawan, Senin (23/5).

Ridwan Kamil mengatakan, karena itulah, dia membuat program rapor warga. Yang menilai adalah para tetangga, RT dan RW.

“Jadi untuk para warga yang dinilai kurang bersosialisasi dengan tetangga, maka akan mendapat teguran dari RW,” paparnya.

Ketua RT dan RW-nya juga mendapat penilaian dari warga, untuk dievaluasi. Sehingga, akan kentara siapa yang aktif di masyarakat dan tidak.

“Dengan begini, diharapkan warga bisa saling mengenal, warga Kota Bandung bisa kembali guyub dan tidak hidup individualis lagi,” tegasnya.

Program Ridwan Kamil ini menuai pro dan kontra masyarakat. Untuk reaksi masyarakat ini, Ridwan Kamil mengaku tidak masalah.

“Biasa lah, kalau program baru, pasti akan ada pro dan kontra di masyarakat,” tambahnya.

Ridwan Kamil menjamin, tidak akan ada hal yang berlebihan dalam program ini. Hanya teguran dari RW, untuk masyarakat yang dinilai kurang aktif di masyarakat.
“Saya jamin tidak akan ada resiko apa-apa,” tegasnya

Sebelum diputuskan menjadi kebijakan, Emil akan melempar usulan kebijakan tersebut ke dalam Forum Group Discussion (FGD).

“Saya posting itu untuk uji publik. Sebelum diputuskan, akan ada FGD dulu, nanti diterangkan bagaimananya,” ujar Ridwan Kamil.

Menanggapi program baru Ridwan Kamil ini, Ketua LPM Kota Bandung Merji Hajiji mengatakan Raport warga atau Indeks kemasyarakatan merupakan laporan perkembangan partisipasi masyarakat dalam pembangunan sosial kemasyarakatan, ini merupakan upaya utk memetakan sampai seberapa besar partisipasi masyarakat dalam pembangunan sosial kemasyarakatan.

“Jadi raport ini bukan untuk mengevaluasi warga apalagi memasuki ranah pribadi warga masyarakat, tapi hanya sebagai pengukuran tingkat partisipasi warga dalam pembangunan sosial kemasyarakatan,” kata Merji.

Misalnya dalam indikator indeks kemasyarakatan mengukur bagaimana ketaatan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan, apakah masyarakat sdh memiliki KTP, KK, akte kelahiran dan lainnya dan bagaimana mengurusnya apakah melalui RT/RW setempat atau langsung ke kelurahan dan Kecamatan.

“Ini kan bagus utk mengetahui hubungan antara warga dengan RT/ RW nya, karena selama ini banyak warga yang tidak tahu siapa rt/RW nya,” tambahnya.

Disamping itu raport warga/indeks kemasyarakatan ini juga ingin mengukur hubungan masyarakat dengan masyarakat dan lingkungannya, apakah warga pernah melakukan kerja bhakti dilingkungannya, pernah menengok atau berkunjung ke tetangga yg meninggal atau terkena musibah, juga ditanyakan apakah pernah melakukan siskamling guna menjaha kemanan lingkungannya atau tidak.

“Kalau ini bisa dilakukan, saya yakin akan menjadi instrumen untuk mencegah bahaya terorisme, radikalisme, bahaya narkoba dan hal negatif lainnya,” papar Merji.

Merji menilai, Justru inilah sumbangan warga masyarakat dalam pembangunan sosial kemasyarakatan untk menjaga kondusivitas warga dilingkungannya masing-masing.

“Jadi marilah kita berikan kontribusi bagi pembangunan kota bandung dengan kebaikan, dan dengan apapun yg bisa kita lakukan,” pungkasnya. (mur)‎

Loading...

loading...

Feeds

Cara Memperbarui Whatsapp GB

POJOKBANDUNG.com–DENGAN menggunakan whatsapp GB tentu akan mendapatkan banyak fitur yang tidak di miliki whatsapp resmi. Pengguna dapat menginstalnya melalui berbagai …

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …