Manchester United Akhirnya Pecat Louis Van Gaal

Jose Mourinho - Louis van Gaal. Foto: Zimbio

Jose Mourinho - Louis van Gaal. Foto: Zimbio

POJOKBANDUNG.com, MANCHESTER- Manchester United resmi memecat manajer Louis van Gaal setelah gagal masuk ke Liga Champions musim depan.

United hanya berada di posisi lima klasemen akhir Liga Primer musim kompetisi 2015-2016, yang membuat mereka tak bisa terjun di kompetisi elit Eropa karena jatah ini hanya untuk penghuni empat besar.

Laga final Piala FA Sabtu (21/05) melawan Crystal Palace, yang dimenangkan United 2-1, adalah pertandingan terakhir Van Gaal bersama Setan Merah. Meski sukses merebut Piala FA, Van Gaal dinilai gagal bersaing untuk menjadi juara Liga Primer maupun masuk ke Liga Champions.

Para pendukung juga kecewa dengan model permainan yang diterapkan para pemain United di lapangan. Selama musim 2015-2016, para pemain hanya mencetak 49 gol, jumlah terendah dalam 26 tahun.

Para pendukung berpandangan Van Gaal telah meninggalkan filsafat sepak bola menyerang yang dianut United selama ini. Kapten Wayne Rooney mengatakan bahwa permainan United musim lalu diakui di bawah standar.

Pengganti Van Gaal diyakini ialah Jose Mourinho, yang rekam jejaknya memperlihatkan keberhasilan mengantarkan klub menjuarai liga domestik dan Liga Champions, di antaranya di Portugal, Italia, dan Inggris.

Sebagaimana dilansir BBC, pengumuman pengangkatan Mourinho akan disampaikan Selasa (24/05) setelah ia bertemu jajaran manajer senior United.

Dalam beberapa bulan terakhir, nama Mourinho memang santer dikabarkan bakal ke Old Trafford. Namun, dia sempat menolaknya lantaran belum menyepakati hal apapun. Kali ini, pertanyaan itu akhirnya terjawab.

Van Gaal sendiri yang mengisyaratkan bahwa Mourinho akan menjadi nahkoda Red Devils musim depan. “Para fans mengharapkan banyak sekali. Namun, saya pikir harapan ini jauh terlalu tinggi,” kata Van Gaal seakan mengumumkan kepergiannya dari Old Trafford dikutip BBC.

Menurut BBC, Wakil Ketua Eksekutif Manchester United, Ed Woodward, sudah mengakui bahwa Mourinho menjadi manajernya musim depan. Dia frustrasi karena Van Gaal tak mampu mendongkrak performa tim meski sudah menghabiskan uang banyak di jendela transfer.

“Saya sudah memberikan piala. Saya tak akan membahas masa depan saya bersama media. Saya tak ingin berbicara mengenai kepergian saya,” tandas dia.

Van Gaal sendiri setidaknya sudah memberikan yang terbaik pada akhir masa jabatannya di Old Trafford. Meski tak mampu membawa tim ke Liga Champions, dia memberikan satu gelar, yakni Piala FA. (ies/jpg/ca)

 

 

Loading...

loading...

Feeds

Jokowi Tolak Terbitkan Perppu KPK

Pembahasan rancangan undang-undang (RUU) di akhir masa jabatan DPR 2014–2019 berlangsung dinamis. Mulus mengegolkan UU KPK, langkah pemerintah dan DPR …

BPJSTK Mengajar Edukasi Pelajar SD Cibentar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Barat berbagi ilmu pengetahuan dan memberikan semangat kepada siswa Sekolah Dasar (SD) …