Kanwil Pajak Gandeng Polisi, ‘Gebuk’ Wajib Pajak Nakal

Pejabat Polri dan Ditjen Pajak di Jabar saat jumpers sosialisasi addendum Penegakkan Pajak di Bandung, Selasa (23/5).

Pejabat Polri dan Ditjen Pajak di Jabar saat jumpers sosialisasi addendum Penegakkan Pajak di Bandung, Selasa (23/5).


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG
— Direktorat Jenderal (Ditjen ) pajak dan Kepolisian RI menggelar sosialisasi addendum Pedoman Kerja dan implementasi Kesepakatan Bersama antara Ditjen Pajak dengan Kepolisian RI yang digelar di Bandung, Senin (23/5). Sosialiasi ini untuk memperkuat kerja sama dan koordinasi antara Polri dengan Ditjen Pajak terkait penegakan hukum pajak.


Ditjen Pajak sangat menghargai dukungan dan kerja sama dari pihak Polri termasuk pendampingan dalam rangka penagihan pajak, intelijen, penyanderaan dan penyidikan serta kegiatan penegakan hukum lainnya di bidang perpajakan. Di wilayah Jabar sendiri, Ditjen Pajak dengan bantuan Polri telah melaksanakan delapan kegiatan penyanderaan (gijzeling) pada 2015 dan 2016.

Menurut Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas (P2H) Kantor Pusat Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama, addendum atau kerja sama Polri dengan Ditjen Pajak ini sudah berlangsung sejak 2012 lalu. “Hanya saja dalam addendum kali ini, dibahas soal perpanjangan waktu kerja sama dan penjabaran atau langkah teknis terkait penahanan penanggung pajak yang bandel,” papar Hestu kepada wartawan di sela kegiatan sosialisasi di Hotel Hilton, Bandung, Senin (23/5).

Dengan adanya sosialisasi ini, Hestu berharap, dapat menciptakan koordinasi dan kerja sama yang lebih kuat dan terpadu antara Ditjen Pajak dan Polri terutama hal penegakan hukum.

“Tahun 2016 ini merupakan intinya, karena tahun ini merupakan penegakan hukum bagi wajib pajak, sehingga kami benar-benar merapatkan barisan, tahun sebelumnya baru pembinaan saja, sehingga 2016 ini raihan pajak benar-benar harus meningkat,” jelas Hestu.

Hestu menambahkan, untuk mengamankan penerimaan negara dan menindak tegas pelaku tindak pidana di bidang perpajakan, Ditjen Pajak terus melakukan berbagai upaya pembinaan, penelitian dan pengawasan sambil terus menjalin kerja sama dengan institusi penegak hukum lain untuk mensukseskan upaya pemerintah mencapai penerimaan pajak yang optimal.

Terkait penyanderaan (gijzeling) terhadap penunggak pajak yang bandel, Hestu menyatakan, gijzeling adalah upaya terakhir Ditjen Pajak terhadap penunggak pajak yang bandel. “Ditjen pajak tidak semena-mena melakukan gijzeling, karena itu dilakukan setelah melaui proses terlebih dahulu, sebab itu, bagi wajib pajak segera bayar kewajibannya jangan menunggu orang pajak dan kepolisian melakukan gijzeling,” ajak Hestu.

Sementara, Kabag Bansops Rokornas Bareskrim Kombes Heru Sulistiono menyatakan, sebenarnya kerja sama Polri dengan Ditjen Pajak secara nonformal sudah berjalan sebelum ada addendum ini. “Sudah ada hubungan antara Polri dengan Ditjen Pajak dalam upaya mengumpulkan uang melalui pajak untuk kas negara, karena perlu ada pegangan dan pedoman maka dibuatlah addendum,” terang Heru.

Heru menyebutkan, sesuai perintah Kapolri, pihaknya diinstruksikan untuk membantu Ditjen Pajak dalam upaya meningkatkan pendapatan pajak. “Karena masih banyak wajib pajak yang belum membayar kewajibannya, apalagi raihan pajak merupakan pendapatan negara paling tinggi mencapai 75 persen,” ungkap Heru.

Acara sosialisasi ini dihadiri sejumlah petinggi Polri dan pejabat Ditjen Pajak di wilayah Jabar, diantaranya Kepala Kanwil DJP Jabar 1 Yoyok Satiotomo, Kepala Kanwil DJP Jabar II Adjat Djatnika, Kepala Kanwil DJP Jabar III Mohamad Isnaeni, dan Iswarda Polda Jabar Kombes Drs Rusli Hedyaman, serta jajaran Polres di lingkungan Polda Jabar. (nto)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Libur Natal-Tahun Baru Dipangkas 3 Hari

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA– Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) akhirnya jadi dipangkas. Pemerintah memutuskan mengurangi jatah libur Nataru selama …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …