Deddy Mizwar Dukung Pak Harto Jadi Pahlawan

soeharto

soeharto

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mendukung pemberian gelar pahlawan nasional bagi Soeharto (Pak Harto). Menurut Deddy, Presiden ke-2 Indonesia tersebut layak mendapat gelar pahlawan karena memiliki jasa besar terhadap perjalanan bangsa ini.

Deddy menilai, Pak Harto telah berhasil membangun pondasi pembangunan Indonesia. Buah pikir dan terobosannya selama menjabat Presiden sangat berperan terhadap pertumbuhan bangsa saat ini.

“Hasil karya beliau kemajuan secara fisik di era beliau. Pertumbuhan ekonomi pesat, pembangunan. Ini kita rasakan,” kata Deddy di Gedung Sate, Bandung, Senin (23/5).

Selain itu, Pak Harto pun berkontribusi besar terhadap perjuangan dalam meraih kemerdekaan. “Ikut di tahun 1945, era Sudirman,” ucapnya.

Disinggung sejumlah persoalan hukum yang diduga melibatkan Pak Harto selama menjabat Presiden, menurut Deddy hal itu perlu pembuktian lebih dalam. “Kejahatan kemanusiaan? Korupsi? Yang mana? Perlu pembuktian. Yang jelas karyanya memang banyak, besar,” ujarnya.

Deddy menambahkan, tuduhan kejahatan kemanusiaan terhadap simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI) perlu ditelusuri lebih jauh lagi. Sebab, Deddy menilai, kondisi saat itu mengharuskan Pak Harto untuk bersikap tegas terhadap partai terlarang tersebut.

“Apa PKI? Kejahatan ke PKI? PKI memang baik? Bener PKI? Belum tentu baik juga. PKI itu debatable,” ujarnya.

Oleh karena itu, Deddy meminta pihak-pihak yang berkeberatan harus lebih obyektif dalam menilai Pak Harto. “Kalau saya melihat kebaikannya dia, jasanya Pak Harto. Manusia mana yang enggak punya salah, enggak punya dosa. Kasih tau saya. Kecuali Nabi Muhammad. Beliau terbimbing oleh Alloh ucapannya, tingkah lakunya,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds