Pro-Kontra Gelar Pahlawan Soeharto, Ini Komentar Wapres JK

soeharto

soeharto

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar mengusulkan pemerintah memberikan gelar pahlawan bagi Presiden ke-2 Indonesia, Jenderal Besar TNI (Purn) Soeharto.


Namun, pemberian gelar pahlawan untuk Soeharto tidak akan cukup mudah. Bahkan, pemerintahpun melontarkan sinyal belum akan memberi lampu hijau untuk penganugerahan gelar tersebut.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pemberian gelar itu akan melihat track record tokoh yang diusulkan. Dalam kasus mantan presiden Soeharto itu proses turunnya terjadi gejolak yang begitu luar biasa di tengah-tengah masyarakat kala itu.

”Waktu turunnya ada sedikit masalah,” ujar JK di Istana Wakil Presiden.

JK Bahkan menyebut wacana pemberian gelar pahlawan bagi mantan presiden Abdurahman Wahid alias Gus Dur. Tidak jauh berbeda dengan Soeharto, turunnya Gus Dur juga tidak luput dari gejolak. ”Sama dengan Gus Dur, karena itu tidak mudah untuk mendapatkan (gelar pahlawan, red),” imbuh JK.

Dia menuturkan pemberian gelar pahlawan tentu punya banyak kriteria. Semua itu diserahkan pada tim khusus pemberian gelar itu. Bila semua kriteria itu sesuai dengan persyaratan yang dimiliki Soeharto bukan tidak mungkin pimpinan rezim orde baru itu bisa meraihnya.

”Tentu Pak Harto memberikan banyak hal. Tapi, panitia punya kriteria yang dipegang,” tutur JK. (jun/byu/jpg)

Loading...

loading...

Feeds