Pascapemekaran RW, Dana PIPPK Kota Bandung Naik Segini

uang rupiah

uang rupiah

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG— Setelah pemekaran RW, dana Program Inovasi Pemberdayaan Pembangunan Kewilayahan (PIPPK) tahun ini naik sekitar Rp 2 miliar.


“Ini karena pemekaran RW di Kota Bandung tahun ini, yang awalnya 1.561 RW sekarang menjadi 1.581 RW,” ujar Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Umum (Penum) Pemkot Bandung, Andri Darusman, kepada wartawan, Jumat (20/5).

Andri mengakui, pembagian dana PIPPK di tiap RT memang besarannya tidak sama. Karena jumlah RT di setiap RW berbeda.

“Jumlah Kelurahan di tiap kecamatan berbeda, jumlah RW di tiap kelurahan juga berbeda, demikian juga dengan jumlah RT di tiap RW berbeda, sehingga jumlah yang diterima juga berbeda di tiap RT. Meski secara umum, di tiap RW mendapat jatah Rp100 juta,” paparnya.

Karena itu, kemungkinan besar akan ada pemekaran beberapa kecamatan yang dinilai gemuk. ‎Menyeimbangkan dengan kecamatan yang wilayahnya relatif kecil, seperti Cidadap.

“Ada beberapa kecamatan yang luas sekali wilayahnya, seperti Batununggal dan Bandung Kulon,” terangnya.

Bahkan, jika memungkinkan, perhitungan PIPPK akan dibagi berdasarkan jumlah warga di satu wilayah. Hal ini demi pemerataan, dan agar semua warga bisa menikmati hasilnya.
Bicara mengenai penyerapan, sebagai program baru yang pelaksanaannya pun baru di tengah tahun anggaran, penyerapan PIPPK sudah cukup besar.

“Tahun lalu, penyerapan sampai 96 persen,” katanya.

Meski ada beberapa yang belum terserap, menurut Andri itu hal yang wajar karena banyak staf di kelurahan yang bmasih khawatir mengenai peng-administrasiannya.

“Bahkan sekarang RT dan RW harus membuat SPJ kalau ada kegiatan,” terangnya.

Karenanya, ke depan pengurus RT dan RW akan mendapatkan pendidikan khusus mengenai peng-administrasian dan peng-SPJ-an.

“Namun, sebagai tahap awal, pelatihan akan diberikan kepada staf kewilayahan. Untuk selanjutnya bisa menyebarkan pengetahuannya kepada RT dan RW,” pungkasnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …