Tingkatkan Daya Saing UMKM, Bank Bjb Beri Pelatihan Kewirausahaan

(ki-ka) Direktur Mikro Bank bjb Agus Gunawan, Dirut bank bjb Ahmad Irfan, Bupati Bandung Dadang Naser, Pincab bank bjb Soreang Jadi Kusmaryadi  di sela kegiatan edukasi perbankan untuk UMKM di Gedung Sabilulungan, Soreang, Kab Bandung, Kamis (19/5).

(ki-ka) Direktur Mikro Bank bjb Agus Gunawan, Dirut bank bjb Ahmad Irfan, Bupati Bandung Dadang Naser, Pincab bank bjb Soreang Jadi Kusmaryadi di sela kegiatan edukasi perbankan untuk UMKM di Gedung Sabilulungan, Soreang, Kab Bandung, Kamis (19/5).

POJOKBANDUNG.com, SOREANG-Guna meningkatkan daya saing UMKM di era perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), bank bjb mengadakan Pelatihan Kewirausahaan.Kegiatan ini digelar di 3 Kabupaten/Kota se Jawa Barat dengan mengambil tema “UMKM Go Online, Untung Meningkat Usaha Berkembang Pesat”.


Direktur Utama bank bjb Ahmad Irfan mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya bank bjb dalam membantu meningkatkan kapasitas Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM) yang dikemas dalam program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (PESAT).”Dengan harapan bank bjb hadir bukan saja memberikan permodalan, melainkan juga pendampingan agar UMKM semakin maju dan berkembang,” ujarnya disela Pelatihan Kewirausahaan UMKM bank bjb di Gedung Budaya Sabilulungan, Kamis (19/5).

Menurutnya dengan sudah bergulirnya MEA pada awal tahun 2016 lalu, menjadi pertanda sudah dimulainya pasar bebas yang terjadi di 10 negara kawasan ASEAN.Implementasi kebijakan ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi pelaku UMKM Indonesia.
Karena itu pangsa pasar bebas yang kian luas dapat menjadi kesempatan yang sangat baik untuk meningkatkan kapasitas usaha.Namun juga bisa menjadi bumerang bila UMKM tidak siap berkompetisi.

“Adapun salah satu model kompetisi yang harus disiapkan adalah penggunaan media digital sebagai sarana menjalankan usaha.Karena itu bjb memfasilitasi dengan beri pendampingan agar UMKM memiliki daya saing,” ungkapnya.

“Pelatihan kewirausahaan ini sejalan dengan misi bank bjb sebagai penggerak dan pendorong laju perekonomian di daerah.Selain itu sebagai bagian dalam rangkaian HUT bank bjb yang ke-55,” katanya menambahkan.

Untuk kegiatan di Kabupaten Bandung digelar di Gedung Budaya Sabilulungan, Soreang dan dihadiri oleh sekitar 1000 pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Bandung.Selain itu ada juga layanan kesehatan gratis, gelaran produk UMKM yang diikuti oleh 60 pelaku UMKM yang memajang produk masing-masing di selasar Gedung Graha Sabilulungan.

Selain Direktur Utama bank bjb Ahmad Irfan, dalam kesempatan ini hadir pula Bupati Bandung Dadang M.Naser.Nampak juga Direktur Mikro bank bjb Agus Gunawan.
Selain kegiatan inti, dalam kesempatan ini dilakukan juga penandatanganan kerjasama antara Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANASDA) Kabupaten Bandung dengan bank bjb Cabang Soreang.Disamping itu, penyerahan surat persetujuan kredit KCR juga menjadi bagian dari kegiatan ini.

Sementara itu untuk kegiatan pelatihan kewirausahaan di Kota Tasikmalaya diadakan di Bale Kota, dengan menghadirkan narasumber Dewa Eka Prayoga (Billionaire Coach) dan juga tim dari blibli.com untuk berbagi mengenai apa dan bagaimana melakukan pemasaran secara online.

Adapun pelatihan kewirausahaan di Kabupaten Majalengka digelar di Graha Sindang Kasih.Sekitar 500 UMKM antusias mengikuti kegiatan ini.Kabupaten Majalengka sendiri merupakan wilayah dengan penyerapan Kredit Cinta Rakyat (KCR) tertinggi yang mencapai Rp 36 miliar dengan kualitas kredit yang masih terjaga sangat baik.(*/dni)

Loading...

loading...

Feeds