Haduuhh… 18 Anak Dibawah Umur di Subang Jadi Korban Kekerasan Seksual

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Subang megklaim selama 2016, sebanyak 18 orang (anak- anak ) di Kabupten Subang telah menjadi korban kejahatan seksual. Hal itu diungkapkan Ketua KPI Subang, Juju Juhairah, Rabu (18/5).


Menurutnya, jumlah tersebut baru berdasarkan data yang tercatat di KPAI, tidak menutup kemungkinan jumlah di lapangan bisa lebih banyak. Berkaca dari Kondisi tersebut, Juju berharap, pemerintah daerah bisa lebih proaktif dalam penanganan dan upaya pencegahan jatuh korban kejahatan seksual lebih banyak.

“Sudah saatnya pemerintah daerah menerapkan kebijakan pembangunan yang berbasis anak.Pembangunan Variabel anak harus menjadi program prioritas, termasuk alokasi anggaran. Untuk itu langkah konkret perlu segera dilakukan,” harap Juju.

Dijelaskan Juju, pada 2015 anak yang berhadapan dengan kasus Hukum dan anak yang menjadi korban sebanyak 38 perkara atau sekitar 8,11 %. Dari semua perkara pidana biasa dan anak yang masuk ke Pengadilan Negeri Subang pada 2016 ini sudah masuk sembilan perkara. “Ini belum termasuk permasalahan anak jalanan, anak tanpa identitas yang jelas,” jelasnya.

Dikatakan Juju, masalah kejahatan anak bukan saja tanggung jawab KPAI tapi semua elemen masyarakat termasuk pemerintah harus terlibat aktif, mengingat Subang sebagai daerah yang belum ramah terhadap anak.

“Mudah mudahan menjadi pematik elemen lainnya terutama Pemda dan DPRD untuk mewujudkan keperdulian terhadap perlindungan anak. Kami tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan kehadiran Pemda dan DPRD,” pungkasnya. (anr)

Loading...

loading...

Feeds