DPRD Jabar Desak Pemerintah Segara Terbitkan Perppu Kebiri

Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari

Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG— Kalangan DPRD Jawa Barat berharap pemerintah segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Hukuman Kebiri bagi pelaku kejahatan seksual. Hal ini dirasa perlu mengingat semakin maraknya kekerasan seksual terutama kepada anak.


Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, dirinya sangat prihati atas maraknya kekerasan tersebut. Hal ini tidak bisa dibiarkan sehingga perlu upaya tertentu untuk mencegahnya.

“Sebagai seorang perempuan dan seorang ibu, saya ingin Perppu ini sesegera mungkin disahkan karena kasus-kasus kejahatan atau kekerasan seksual terhadap anak semakin marak. Ini menjadi keprihatinan kita semua, termasuk kami,” kata Ineu di Gedung DPRD Jabar, Bandung, Kamis (19/5).

Ineu berharap, hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan dan kekerasan seksual bisa memberikan efek jera kepada pelaku kejahatan seksual. “Saya pikir kalau konteksnya untuk memberikan efek jera, hal ini tepat. Semoga hukuman kebiri ini benar-benar memberikan efek jera bagi si pelaku,” katanya.

Selain itu, lanjut Ineu, langkah pencegahan pun harus tetap dilakukan oleh semua elemen mulai dari tingkat keluarga hingga pemerintah daerah. Upaya ini harus dilakukan bersama-sama terutama oleh keluarga sebagai pihak terdekat.

Pemerintah, kata Ineu, sudah berkali-kali melakukan upaya pemberantasan terhadap miras, narkoba, dan situs porno. Faktor-faktor tersebut dianggap pemicu terjadinya kejahatan seksual.

“Tapi memang langkah-langkah itu masih harus terus ditingkatkan,” katanya. Ineu menyebut, ketahanan keluarga harus tetap dijaga karena hal tersebut bisa mencegah terjadinya kekerasan seksual.

“Keluarga adalah benteng pertama bagi anak untuk berlindung jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Keluarga harus menjadi tempat nyaman dan aman bagi anak-anak untuk mencurahkan isi hatinya,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …