Setelah Disahkan, Ini yang Diatur dalam PPDB

Pelaksanaan UN SD. (khairizal maris)

Pelaksanaan UN SD. (khairizal maris)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Tim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Disdik Kota Bandung Dian Peniasiani mengakui, Perwal PPDB Kota Bandung sudah disahkan, Senin (16/5).


“Iya Perwalnya sudah disahkan, kemarin. Sekarang dalam proses penomoran,” ujar Dian, Selasa (17/5).

Dalam Perwal tersebut diatur beberapa aturan PPDB, seperti intensif bagi warga miskin, seleksi masuk SD/TK berdasarkan usia dan jarak tempat tinggal, dan nilai UN menjadi syarat masih SMP dan SMA serta sederajat di bawah Disdik atau Kemenag.

Sementara itu untuk afirmasi, Disdik juga memberikan kebijakan baru yakni bagi siswa afirmasi yang rawan melanjutkan pendidikan.

“Jadi ada seleksi berdasarkan kondisi sosial ekonomi, bukti mereka dinyatakan Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP) yakni dengan beberapa syarat, ” papar Dian.

Beberapa syarat tersebut yakni :
1. Terdaftar dalam Kepwal tentang daftar masyarakat miskin Kota Bandung yang sudah didata Dinsos pada 30 des 2015.
2. Punya dokumen kartu pengendalian sosial (kartu indonisa pinter, kartu pra sejahtera, bpjs miskin dll)
3. SKTM. (Surat keterangan Tidak Mampu)

“Jika memang belum memiliki dokumen ketidakmampuan, maka harus ditempuh dengan berkoordinasi,” tegasnya.

“Prosedurnya, untuk pendataan penetapan warga RMP atau bukan bisa datang ke sekolah asal. Nanti oleh sekolah dicek diverifikasi. Sekolah akan memberikan surat pengantar ke RT/RW untuk diproses ke kelurahan. Nanti didaftarkan ke sekolah yang dituju.
Namun menurut Dian jika ternyata nanti di sekolah yang dituju kuota siswa miskinnya penuh, maka akan disalurkan ke skolah swasta terdekat.

“Nanti, siswa mencantumkan sekolah tujuannya. Tapi, kalau tidak masuk, maka akan dimasukkan ke sekolah pilihan Disdik,” tegasnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …