Pengendara Ogah Ditilang, Polres Cimahi Gelar Operasi Patuh Lodaya

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI–Jajaran Satlantas Polres Cimahi menggelar Operasi Patuh Lodaya (OPL) 2016 di Jalan Amir Machmud, Cimahi, Senin (16/5). Operasi digelar bertujuan untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas.


Dalam pantauan, para petugas Sat Lantas Polres Cimahi mulai beroperasi sejak pukul 09.00 WIB. Terlihat puluhan kendaraan terjaring razia karena tidak bisa menunjukan surat kendaraan.

Selain tidak bisa menunjukkan surat kendaraan, banyak dari pengendara ditilang karena kendaraan tidak sesuai standar yang berlaku. Beberapa pengendara sempat menolak untuk ditilang, namun petugas bertindak tegas dengan tidak memberikan keringanan.

Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Silfia Sukma Rosa menuturkan operasi ini sendiri akan dilakukan mulai Senin (16/5)-Minggu (29/5) di beberapa titik di Kota Cimahi.

“Operasi yang dilaksanakan selama 2 minggu ini dalam rangka persiapan Operasi Ketupat Lodaya juga. Dengan begini diharapkan saat operasi ketupat, surat dan kelengkapan kendaraan mereka sudah lengkap,” jelasnya.

Silfia mengatakan, mayoritas pelanggaran dilakukan oleh pengguna kendaraan roda dua. “Kesalahan yang mereka lakukan kebanyakan tidak bisa menunjukan surat dan tidak melengkapi kendaraan seperti spion, tidak menyalakan lampu depan hingga menggunakan knalpot bising,” katanya.

“Ada juga yang SIM nya sudah habis masa berlakunya. Padahal untuk perpanjangan SIM, selain ke polres juga ada SIM keliling,” ia melanjutkan.

Lebihlanjut Silfia menuturkan, selain razia kendaraan dijalan, pihaknya juga melakukan penilangan kendaraan yang parkir sembarangan di Kawasan Tertib Lalulintas (KTL). Polsek-polsek pun akan melakukan razia di wilayah hukumnya.

“Memang masih ada yang parkir di daerah KTL. Padahal kita sering melakukan himbauan atau tindakan agar tidak parkir sembarangan,” ujarnya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds