Ini Hasil Investigasi Tim Dokter Hewan di Kebon Binatang Bandung

Seekor Gajah Sumatra  bernama Yani berusia 37 tahun mati  di Kebun Binatang (Bonbin) Bandung, Rabu (11/5) lalu. (ramdhani)

Seekor Gajah Sumatra bernama Yani berusia 37 tahun mati di Kebun Binatang (Bonbin) Bandung, Rabu (11/5) lalu. (ramdhani)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Pasca matinya Yani, gajah Sumatera penghuni Kebun Binatang Bandung, Tim dokter dari Perhimpunan Dokter Hewan (PDHI) Jabar dikerahkan untuk melakukan investigasi di Kebon Binatang atau Bonbin Bandung. Selama dua hari investigasi terhadap hewan di Kebun Binatang Bandung, alhasil tim menemukan adanya penyakit kulit yang menerpa Rusa.


“Kemarin ditemukan ada Rusa yang sakit. Kena sakit kulit, itu satu kandang yang di atas kena semua,” ujar Ketua PDHI Jabar Sri Mujiarti Ningsih, Minggu (15/5).

Sri mengatakan, penyakit kulit tersebut muncul lantaran kondisi kandang yang tidak sehat. Sebab itu, bukan hanya satu Rusa yang terkena melainkan seluruh kandang terjangkit sakit yang sama.

Menurut sri, kandang yang terlalu becek, saluran airnya tidak mengalir, itu berpotensi menjadi penyakit.

Meski belum seluruh binatang diperiksa, tapi selama dua hari investigasi, sejak Jumat dan Sabtu kemarin, tim dokter sudah bisa menyimpulkan bahwa kesejahteraan hewan di Bonbin memang memprihatinkan.

“Kandang yang kurang nyaman, pakan, kemudian pengaman pagar antara hewan dengan pengunjung banyak yang rusak,” ungkap Sri.

Meski Kebun Binatang Bandung tengah dipantau tim dokter hewan, pasca kematian gajah Yani, namun Bonbin masih tetap diserbu para pengunjung.

Seperti tergambar hari ini, pengunjung cukup ramai. Mereka datang dengan kendaraan bus dan mobil lainnya. Tak hanya dari Bandung, rombongan dari luar Kota Bandung masih berdatangan.

Namun, untuk wartawan, kali ini Pengelola Bonbin membuat kebijakan yang cukup ketat. Soalnya, tidak sembarangan wartawan bisa masuk Bonbin untuk meliput. Mereka harus izin dahulu kepada Humas Bonbin, tidak seperti sebelumnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …