DPRD Cimahi Pertanyakan Proyek Jalan Aruman

DPRD Cimahi

DPRD Cimahi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI--Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi mempertanyakan proyek Jalan Aruman yang sampai saat ini belum resmi dibuka oleh Pemerintah Kota Cimahi. Bahkan, salah seorang Anggota Komisi III DPRD Kota Cimahi Robin Sihombing berharap tidak ada indikasi kejanggalan dalam proses pembangunannya.


Robin mengatakan, Jalan Aruman seharusnya sudah bisa digunakan pada tahun lalu, tepatnya pada Desember 2015. Sebab, penganggaran dalam pembangunan jalan tersebut menggunakan dana pada 2014-2015.

“Prosesnya sudah lama, kenapa belum diresmikan? Sampai kita (dewan) punya pemikiran bahwa bisa saja ada masalah terkait pembangunannya sehingga belum bisa dimanfaatkan masyarakat,” katanya, saat dihubungi, Minggu (15/5).

Berdasarkan informasi yang Robin peroleh, penggunaan jalan tersebut ditunda karena Pemkot Cimahi tengah menunggu hasil kajian yang berkaitan dengan kelayakan jalan itu.

Ia menilai, jika memang pembangunan jalan itu sudah sesuai dengan kajian awal, tidak perlu menunggu hasil kajian. Ia berharap, dugaan yang diduganya tidak ada. “Ya kita berharap ga ada masalah,” katanya.

Penggunaan Jalan Aruman sangat perlu dilakukan segera. Pasalnya, pembangunan jalan tersebut diproyeksikan sebagai salah satu solusi untuk mengurai kemacetan di Cimahi.

“Tujuannya bagus sekali, seharusnya Pemkot Cimahi bisa lebih sigap dalam mengatasi persoalan tersebut,” katanya seraya menilai, terkatungnya penggunaan jalan merupakan kerugian bagi masyarakat.

Ia mengaku dewan akan terus mendesak dan menelusuri persoalan yang membuat pembangunan jalan tersebut molor dari waktu seharusnya, sekaligus menelusuri aspek apa saja yang diperiksa dan dikaji terkait uji kelayakan tersebut.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Dinas PU Bina Marga Kota Cimahi Achmad Nuryana menjelaskan, jalan Aruman belum bisa digunakan karena ingin memenuhi keinginan masyarakat dan ketentuan tentang kelengkapan keselamatan lalu lintas berdasarkan hasil Puslitbang Jalan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Kan ada audit keselamatan jalan dari Puslibang Kemen PU-Pera. Keinginan masyarakat sendiri agar jalan Aruman dilengkapi terlebih dahulu, di antaranya pembuatan marka jalan, pembatas jalan, pembatas kecepatan, dan penerangan jalan umum,” terangnya.

Saat ini, proses lelang untuk kelengkapan fasilitas di Jalan Aruman itu sedang berlangsung. Nuryana juga menyebut jalan Aruman bakal diujicoba pada bulan ini.

Namun, uji coba tersebut masih akan melihat kesiapan kondisi jalan, termasuk kesiapan pada dinas terkait seperti Dinas Perhubungan.

Ia berharap, di bulan Mei jalan Aruman sudah bisa digunakan, setelah dilakukan uji coba. Pihaknya akan bekoordinasi terus dengan Dishub sekaligus melihat kesiapan di lapangan.

Disinggung mengenai penyelesaian pembangunan secara 100 persen, Nuryana mengatakan membutuhkan waktu yang lama. “Apalagi, pengucuran anggarannya pun juga bertahap sehingga Pemkot pun harus menyesuaikannya,” pungkasnya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds