65.372 Siswa SD dan MI di Kabupaten Bandung Ikuti Ujian Sekolah

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, SOREANG– Sebanyak 65.372 siswa SD dan MI di Kabupaten Bandung, akan melakukan ujian Sekolah, Senin (16/5) esok.


Kepala bidang TK Sd pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung, Maman Sudrajat mengatakan, jumlah peserta Ujian Sekolah SD berjumlah sebanyak 61.002 siswa, sementara peserta Ujian Sekolah MI sebanyak 4.369 siswa.

Sedangkan sekolah penyelenggara Ujian Sekolah, kata Maman, yakni sebanyak 1.360 SDN dan 65 SD swasta. Kemudian, 1 MI negeri dan 174 MI swasta. Sehingga total sekolah penyelenggara US 2016 di Kabupaten Bandung yakni sebanyak 1.600 sekolah.

“Secara keseluruhan, semua peserta maupun sekolah penyelenggara, sudah siap melaksanakan Ujian Sekolah,” tutur Maman, Minggu (15/5).

Soal bagi para peserta, terlebih dahulu disimpan di titik bongkar, yakni SMKN 2 Baleendah dan sudah sampai pada 14 Mei lalu. Dari titik bongkar, Soal kemudian didistribusikan ke titik simpan di UPTD Pendidikan masing-masing kecanmatan, setelah itu baru didistribusikan ke semua sekolah penyelenggara sesuai dengan matabpekajaran ujian setiap harinya.

Maman mengimbau kepada para peserta US, tidak perlu khawatir berlebihan atau ada ketakutan tidak lulus dalam US.Karena, kata dia, nilai US yang diperoleh saat pelaksanaan ujian, bukan satu-satunya penilaian kelulusan. Namun mempertimbangkan juga nilai selama peserta didik menempuh pendidikan disekolah tersebut.

“Memang kalau untuk tingkat SD itu, kelulusan bukan dilihat dari hasil US saja. Melainkan menghargai proses selama peserta didik menempuh pendidikan di sekolah itu, yakni penilaian dia selama kelas 3,4,5 hingga kelas 6. Ditambah nilai akhir US nya. Jadi selama peserta didik itu mengikuti semua prosesnya Insya Alloh lulus,”ujarnya.

Penentuan kelulusan peserta ujian dinilai apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan nilai US nya.

Kriteria kelulusan juga ditetapkan melaui rapat pendidik sebelum pelaksanaan ujian, yang mencakup nilai minimal setiap mata pelajaran US dan nilai rata-rata minimal mata pelajaran US nya. (Mld)

Loading...

loading...

Feeds