Program CSR; BI Jabar Serahkan Ini ke Gapoktan di Pangalengan

Penyerahan CSR Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar kepada Gapoktan Kantata di Pangalengan, Kamis (12/5). (mildan)

Penyerahan CSR Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar kepada Gapoktan Kantata di Pangalengan, Kamis (12/5). (mildan)

POJOKBANDUNG.com, PANGALENGAN– Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Katata yang beralamat di Kampung Cinangsi, Desa Margamekar, Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, mendapat bantuan CSR dari Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Barat.


Bantuan CSR dari BI kepada Gapoktan Katata berupa dua buah mesin peeling atau pembersih sayuran dan dua buah rain shelter mobile. Bantuan tersebut, diberikan secara simbolik pada Kamis (12/5).

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Soekowardojo, mengatakan, pemberian bantuan kepada Gapoktan Katata merupakan salah satu program dari pengendalian inflasi melalui pembentukan klaster binaan.

Menurutnya, sejak 2007 lalu, BI telah melakukan program tersebut, dan sejak tahun lalu, Gapoktan Katata menjadi klaster binaan BI dalam bidang holikultura.

Sesuai dengan tujuan, pembinaan terhadap Gapoktan Katata adalah untuk mengendalikan inflasi yang difokuskan pada komoditas pangan, khususnya pangan penyumbang inflasi volatile food.

“Dengan pembinaan klaster, diharapkan terjadi peningkatan produksi, sehingga ketergantungan terhadap sayuran import bisa berkurang,” tutur Soekowardojo.

Soekowardojo melanjutkan, dengan adanya peningkatan produksi, maka secara tidak langsung akan menekan laju inflasi. Dijelaskannya, inflasi terjadi karena ketidak seimbangan antara permintaan dan penawaran.

“Apa yang dilakukan saat ini, ikut membantu indonesia memperbaiki persoalan disisi suplai. Inflasi terjadi karena penawaran dan permitaan. Ketika suplai sudah diperbaiki, maka Jika ada konjakan pernintaan, bisa direspon tidak menaikan harga yang menyebabkan inflasi,”paparnya.

Gapoktan Katata kata Soekowardojo, telah dua tahun menjadi binaan BI. Program kluster sendiri, akan berlaku selama empat tahun.

“Setelah tahun ke empat, kami mundur, diteruskan oleh pemerintah daetah, kita cari daerah lain,”ungkapnya.

Selain di Pangalengan, BI juga melakukan pengembangan kluster holtikultura Lembang, serta sapi potong di Garut dan Sukabumi. Kemudian selanjutnya pengembangan beras pandan wangi di Cianjur. Belum lagi yang sebelumnya, seperti klaster cabai di Garut, ayam potong di Tasikmalaya, bawang di Cirebon.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Bandung menyatakan apresiasi yang tinggi kepada BI yang telah memberikan kesempatan pada Gapoktab Katata untuk menerima bantuan CSR.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung, Sofian Natarprawira mengatakan, terpilihnya Gapoktan Katata dalam program BI karena dianggap memiliki keunggulan dalam penerapaan teknologi tinggi seperti pengairan dengan memanfaatkan teknologi hydra.

Disamping itu, kegigihan dan kerjakeras kelompok ini telah berhasil meraih juara pertama sub sektor holtikultura dalam kegiatan Apresiasi Kinerja Program Pengendalian Inflasi Bank Indonesia yang diikuti oleh beberapa klaster binaan Bank Indonesia dan binaan pemerintah kabupaten/kota dari seluruh indonesia.

“Untuk itu atas nama Pemerintah Kabupaten Bandung, Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Bank Indonesia karena kelompok tani kita bisa menjadi salah satu binaannya,”kata Sofian.

Ketua Kelompok Tani Katata, Muhammad Sofyan, mengatakan dengan alat peeling yang diberikan Bank Indonesia, katanya, kelompok taninya bisa menaikkan angka produksi hingga 400 persen. Selama ini, ujarnya, yang menjadi hambatan produksi adalah proses pembersihan sayuran yang membutuhkan waktu lama, bukan waktu produksi di kebunnya.

“Kalau dibersihkan secara manual, bisa boros air dan tenaga. Butuh waktu yang lama juga kalau hanya pakai cara manual. Inilah hambatan kami, bukan waktu tanamnya. Luas lahan kelompok tani ini totalnya 45 hektare, dengan 13 koordinator di 8 desa di Pangalengan,” tuturnya. (Mld)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …