Wuiih… Disyanjak Kota Bandung Catat Tunggakan PBB Capai Segini

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Dinas Pelayanan Pajak (Disyanjak) Kota Bandung mencatat ‎tunggakan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) mencapai lebih dari Rp 900 miliar.


“Sejak tahun 2013n pengelolaan PBB kan diserahkan dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah. Jadi piutang pajak itu, merupakan limpahan dari pusat,” ujar Kepala Disyanjak Kota Bandung, Ema Sumarna, kepada wartawan, Rabu (11/5).

‎Meski demikian, warisan piutang tersebut perlu dicek ulang. Karena tidak ada kecenderungan ganda atau objek pajaknya berubah.

“Kalau PBB itu kan fluktuatif, sebidang tanah, bisa jadi tahun ini belum dibangun, tahun depan sudah ada bangunan. Atau pindah kepemilikan tanah,” katanya. ‎

Karenanya Pemkot Bandung akan melakukan sensus PBB tahun depan. Agar data menjadi valid dan bisa segera direalisasikan.

“Untuk itu di 2017, kami mengusulkan anggaran khusus untuk sensus PBB. Dilakukan merata di 151 kelurahan,” tambahnya.

Selain itu, juga untuk mengetahui ada warga miskin yang memiliki sebidang tanah.

“Pak Wali (Wali Kota Bandung Ridwan Kamil,red) sudah punya niatan, bahwa warga yang benar-benar miskin dibebaskan dari PBB,” tegasnya. ‎

Sementara untuk data yang dicatat Disyanjak, sejak 2015 ada tiga mata pajak yang besar tunggakannya. Seperti PBB, pajak reklame, serta pajak air dan tanah (PAT). Dengan total tunggakan pajak mencapai lebih dari Rp 152 miliar.

Ia menyebutkan untuk PBB total ada 544.936 wajib pajak. Dari jumlah tersebut tercatat ada 229.391 wajib pajak yang menunggak dengan total Rp 146.891.551.070.

“Untuk pajak reklame ada 1.203 wajib pajak. 269 yang menunggak sebesar Rp 2.229.958.121,” katanya.

Sementara untuk PAT, total tunggakan sebesar Rp 4.407.694.795 dari 219 wajib pajak yang menunggak.

“Kami terus berupaya melakukan sosialisasi agar para penunggak segera membayarkan kewajibannya. Serta inovasi yang akan memudahkan sehingga masyarakat tidak lagi enggan membayarkan karena malas mengantri atau tak ada waktu dan sebagainya,” pungkasnya. ‎ (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …