Terdesak Kebutuhan Air, TNI dan Warga Percepat Pembangunan Bendungan

TNI dan warga bangun bendungan Leuwinangka, Subang.

TNI dan warga bangun bendungan Leuwinangka, Subang.

 


POJOKBANDUNG.com, SUBANG– Komandan Distrik Militer (Dandim) 0605 Subang Letkol Inf Budi Mawardi, besrta puluhan anggota TNI dan warga gotong royong melakukan percepatan pembangunan Bendungan Leuwinangka, di Kampung Werasari Kelurahan Dangdeur, Kecamatan Subang.

Budi memimpin langsung kegiatan pembangunan bendungan yang bisa mengairi sawah warga sekitar 4.789 hektare yang berada di 20 desa, di Kecamatan Subang, Kecamatan Pagaden, Kecamatan Pagaden barat dan Kecamatan Cikaum.

Berdasarkan informasi, untuk proyek itu pemerintah mengucurkan dana sebesar Rp53 miliar dengan masa kontrak dari 2014-2015. Namun demikian, hingga kini pembangunan secara permanen belum selesai, sementara kebutuhan petani akan air sudah tidak bisa ditunda.

Bahkan para petani asal Pagaden Barat dan sekitarnya sempat mengancam akan melakukan aksi unjuk rasa besar-besaran, jika percepatan pembangunan bendungan itu tidak segera dilakukan.

Hal ini yang membuat Dandim 0605 Subang Letkol Inf. Budi Mawardi berinisiatif untuk turun ke lapangan. Dengan mengerahkan personil TNI dan petinggi TNI di lingkungan Kodim seperti Kasdim dan Danramil, Dandim bersama puluhan warga melakukan aksi bakti sosial dengan terlibat langsung membantu pembangunan Bendungan Leuwinangka.

Dandim menegaskan jajaran Kodim bersama warga masyarakat siap membantu percepatan proyek bendungan Leuwinangka. Sehingga ketersediaan air untuk areal pertanian di daerah itu terjamin.

“Kita mengajak kepada pihak pemborong lebih untuk mencari solusi, agar bisa mempercepat pembangunan Leuwinangka ini. Dalam pelaksanaannya jami warga siap membantu untuk itu,” kata Dandim.

Dandim,yang terpenting dari perbaikan bendungan Leuwinangka itu, adalah penyelamatan ribuan hektare lahan pertanian warga di daerah Subang, Pagaden barat, Pagaden, Cikaum dan Dawuan. “Karakter tanaman padi adalah hidup dari air, maka harus dipastikan terjaminnya pasokan air ke areal pertanian tersebut,” ujar Dandim. (anr)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …