Ini yang Dibahas Pemprov Jabar dengan Provinsi Sinchuan

Kunjugan Wagub Provinsi Sichuan RRC diterima Istri Gubernur dan Wagub Jabar. (Khairizal Maris)

Kunjugan Wagub Provinsi Sichuan RRC diterima Istri Gubernur dan Wagub Jabar. (Khairizal Maris)

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengakui kerjasama Pemerintah Provinsi Jabar dengan provinsi lain di luar negeri banyak yang tak ditindaklanjuti. Kerjasama yang sudah dilakukan belasan bahkan puluhan tahun lalu ini, sekarang tidak diimplementasikan lagi baik oleh Pemprov Jabar maupun provinsi sahabat.

Deddy menyontohkan, kerjasama dengan salah satu provinsi di Australia telah dilakukan sejak tahun 1990-an. “Tapi diam saja di kertas, dan baru sekarang ini. Australia datang dan mulai merealisasikan,” kata Deddy usai menerima Wakil Gubernur Provinsi Sinchuan, Tiongkok, di Gedung Sate, Bandung, Senin (9/5).

Lebih lanjut Deddy katakan, pada pertemuan itu, pihaknya membahas kerjasama dengan provinsi tersebut. Menurutnya, Pemprov Jabar telah menandatangani dokumen kesepakatan pembentukan kerjasama persahabatan dengan Pemerintah ro Provinsi Sinchuan.

Dokumen kesepakatan ini akan fokus pada inisiasi kerjasama di bidang pengembangan riset, ilmu pengetahuan dan tekhnologi di bidang pertanian, promosi pariwisata, perdagangan dan investasi, pembangunan kapasitas untuk pegawai negeri sipil, seni dan budaya, serta lainnya. “Pada dasarnya itu untuk mewujudkan kesejahteraan dan pembangunan masyarakat,” katanya.

Deddy pun menyebut, kunjungan kerja Wakil Gubernur Sinchuan ini pun untuk meningkatkan dan memperdalam komunikasi mengenai inisiasi pembentukan kerjasama persahabatan. Menurutnya, terdapat persamaan potensi di kedua wilayah, yaitu sebagai basis industri, jumlah populasi penduduk yang tinggi, sumber daya alam yang melimpah, serta berbagai destinasi wisata dan kebudayaan yang menarik.

“Untuk menindak lanjuti kerjasama ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menunjuk Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama sebagai penghubung. Adapun Pemerintah Provinsi Sinchuan telah menunjuk Department of Foreign and Overseas Chinese Affairs, Sichuan Provincial People’s Government sebagai penanggung kerjasama tersebut,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

43 Prajurit TNI Ditukar US Army

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan beberapa perwakilan dari tentara Amerika untuk Indonesia. Dalam pertemuan …