19.759 Siswa SMP di KBB Ikuti UN

pelaksanaan UN SMP di KBB.

pelaksanaan UN SMP di KBB.

POJOKBANDUNG.com, KBB--Sebanyak 19.759 siswa SMP kelas XII atau kelas 3 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai melaksanakan Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2015/2016, Senin (9/5) kemarin. Bupati Bandung Barat Abubakar pun tak melewatkan kesempatan ini dan memantau langsung pelaksanaan UN di SMP Negeri 1 Cisarua, kemarin.


Selain siswa SMP reguler, UN tahun ini juga secara serentak dilaksanakan oleh 7.644 siswa MTs, 753 peserta paket B dan 381 wustha yang masing-masing dilaksanakan di 134 sekolah, 25 sekolah, dan 25 sekolah. Mereka secara serentak mengikuti UN hari pertama di 161 sekolah yang tersebar di seluruh KBB.

Bupati Bandung Barat, Abubakar saat sedang melakukan pemantauan langsung di SMPN 1 Cisarua mengatakan, pada hari pertama pelaksnaan UN tingkat SMP kali ini berjalan sesuai rencana termasuk dengan pendistribusian untuk Lembar Jawab Ujian Nasional (LJUN).

“Saya amati semua anak didik bisa mengikuti tepat waktu, tadi sebelum jam 8 anal-anak sudah datang dan semua lancar, bahan ujian juga distribusinya lancar,” ungkap Abubakar didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Kadisdikpora) KBB, Agustina Piryanti, di Cisarua, kemarin.

Abubakar mengatakan, kelancaran pelaksanaan UN menjadi salah satu indikator keberhasilan pemerintah dalam dunia pendidikan. Ini, menjadi bukti adanya kesungguhan dari semua elemen mulai dari pemerintah, guru, orang tua, peserta didik dan seluruh stakeholder terkait.

“Mudah-mudahan ini sebagai indikasi yang baik untuk pemerintahan KBB terutama dalam hal pendidikan,” katanya.

Di tempat yang sama, Kadisdikpora KBB Agustina Piryanti menambahkan, jumlah peserta UN SMP di Kabupaten Bandung Barat mencapai 19.759 siswa. Sementara untuk pelaksanaan UN tingkat SMP ini diikuti oleh 161 sekolah baik swasta ataupun negeri yang tersebar di seluruh gugus dengan jumlah ruangan yang mencapai 1.060 ruang kelas baik SMP negeri maupun swasta.

“Dari 19.759 peserta UN untuk SMP, 9.742 diantaranya adalah peserta laki-laki dan 10.017 peserta lainnya adalah perempuan dengan melibatkan 1.120 orang pengawas,” ungkapnya.

Selain peserta didik dari SMP reguler yang melaksanakan UN kemarin, kata dia, untuk UN setingkat SMP lainnya, tahun ini juga diikuti serentak oleh 7.644 siswa MTs, 753 peserta paket B dan 381 wustha yang masing-masing dilaksanakan di 134 sekolah, 25 sekolah, dan 25 sekolah.

Dia melanjutkan, semua peserta didik setingkat SMP ini akan melaksanakan UN hingga Kamis (12/5) dengan 4 mata pelajaran yakni, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sementara untuk pelaksanaan ujian susulan baik menggunakan sistem LJUN ataupun sistem CBT akan dilaksanakan pada Senin (16/5).

“Nanti kita rekap diakhir berapa yang tidak bisa mengikuti ujian nasional tahun ini untuk ikut ujian susulan,” katanya.

Dikatakannya, dari sekolah yang ada, sekolah yang telah menggelar UN dengan sistem Computer Based Test baru dapat dilaksanakan di 4 sekolah, yakni SMP Nurul Fikri Boarding School, SMP Cahaya Bangsa Classical School, SMP Mutiara Nusantara, dan SMP Bandung Alians Intercultural School.

“Untuk sistem CBT ini, pelaksanaan UN sama hingga hari kamis dengan mata pelajaran yang sama juga, namun waktunya dibagi ke dalam 3 shift, karena menggunakan komputer,” terangnya.

Dalam pelaksanaan UN tingkat SMP kali ini, titik bongkar LJUN di KBB dilakukan di SMP Krida Utama Padalarang, Jalan Gedong V, Kertajaya Padalarang pada Sabtu (7/5) yang kemudian disebar ke subrayon yang terbagi kedalam 5 subrayon.

Subrayon tersebut, diantaranya Subrayon 1 (sekolah di daerah Lembang, Cisarua, dan Parongpong), Subrayon 2 (sekolah di daerah Padalarang, Batujajar, Ngamprah, dan Cipatat), subrayon 3 ( sekolah di daerah Cipeundeuy dan Cikalongwetan), subrayon 4 (sekolah di daerah Cililin, Cihampelas, dan Cipongkor) dan subrayon 5 (sekolah di daerah (Sindangkerta, Gununghalu, dan Rongga).

“Semua soal sudah didistribusikan pada hari sabtu, dan tiap-tiap satuan pendidikan yang menggelar UN subuh tadi langsung membawa soal-soal tersebut,” pungkasnya. (bie)

Loading...

loading...

Feeds

43 Prajurit TNI Ditukar US Army

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan beberapa perwakilan dari tentara Amerika untuk Indonesia. Dalam pertemuan …