Maraknya Kekerasan Seksual, Ini Tanggapan Mensos Khofifah

Mensos Khofifah (nida khairiyah)

Mensos Khofifah (nida khairiyah)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Kasus kekerasan seksual kembali terjadi setelah kasus yang terjadi di Bengkulu. Kali ini kekerasan seksual menimpa seorang wanita berusia 19 tahun di Kota Manado yang digilir 19 pemuda.


Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, mengaku prihatin dengan terjadinya kasus tersebut. Apalagi kasus itu terekpose setelah kasus YY yang dirudapaksa 14 pemuda. Ia pun meminta para pelakunya dijerat dengan hukuman yang berat sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya kebetulan Kamis ke Gorontalo dan melakukan visit media di sana. Teman-teman media di sana menyebut jika kasus kekerasan seksual itu dari Manado dan berlanjut di Gorontalo. Teman-teman media di sana sudah mempublisnya, tapi respon aparat kurang support sehingga muncul baru kemarin ini,” ujar Khofifah kepada wartawan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kota Bandung, Jalan Pacuan Kuda, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung.

Meski sama-sama mengalami kekerasan seksual, menurut Khofifah, kasus yang dialami gadis berusia 19 tahun itu berbeda dengan yang dialami YY di Bengkulu. Menurutnya, gadis Kota Manado itu lebih mengarah ke kasus perdagangan manusia sehingga akhirnya mengalami kekerasan seksual.

“Menurut saya ini harus diterapkan UU tindak pidana perdagangan orang. Kalau dijerat UU itu, mestinya yang merekrut, membawa, memperdagangkan itu harus ditindak sama, yakni dengan pasal 2,” ujar Khofifah.

Terkait dengan semakin maraknya kasus kekerasan seksual, Khofifah menunggu, RUU Kekerasan Seksual diketok palu DPR RI. Sejauh ini, RUU telah masuk ke prolegnas sehingga sebentar lagi akan dibahas DPR RI. Pemerintah tinggal menunggu RUU itu disahkan yang nantinya akan ditindaklanjuti keluarnya surat perintah presiden.

“Nanti akan ada penugasan instansi untuk menindaklanjuti UU tersebut. Mungkin kemenkum dan HAM dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,” tutup Khofifah.(cr2)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …