Demo HMI Bandung, Saut Situmorang Dikecam

Demo HMI di Bandung. (khairizal maris)

Demo HMI di Bandung. (khairizal maris)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Puluhan orang yang tergabung dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) cabang Bandung, melakukan aksi unjuk rasa di depan Mapolrestabes Bandung Jalan Merdeka Kota Bandung, Senin (9/5) siang.


Selain menyampaikan aspirasi dan pernyataan sikap terkait pernyataan Saut Situmorang yang dinilai melecehkan HMI, massa juga melaporkan salah satu pimpinan KPK itu ke Polrestabes Bandung.

“Kami melaporkan Saut Situmorang ke polisi karena telah melakukan fitnah dan pencemaran nama baik serta ujaran kebencian (hate speech) terhadap HMI. Kami juga menuntut agar Polrestabes Bandung segera memanggil dan memeriksa Saut Situmorang, ” kata kordinator aksi, Ganjar, saat berorasi.

Ganjar menilai pernyataan tersebut sangat tendensius terhadap HMI, terlebih lagi pernyataan Saut tersebut dilontarkan di depan media massa.

“Pernyataan tersebut sangat merugikan dan mendiskreditkan organisasi HMI,” tegasnya. ‎

Terkait aksi unjuk rasa dan laporan pengaduan oleh HMI, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Winarto akan meneruskannya kepada pimpinan yang lebih tinggi.

“Kami menerima laporan pengaduan tentang Saut Situmorang dan akan meneruskan Kepada pimpinan lebih tinggi serta mudah-mudahan hal ini menjadi atensi bapak Kapolri,” tandas Kapolrestabes di depan massa HMI.

Seperti diketahui, Saut Situmorang mengeluarkan pernyataan yang dinilai menyudutkan HMI, pada tayangan ‘Benang Merah’, di salah satu televisi swasta, Kamis (5/5/2015) lalu. Dalam acara bertajuk “Harga Sebuah Perkara”, Saut berbicara bersama Hakim Agung Gayus Lumbun dan mantan Hakim Asep Iriawan.

Tiba pada gilirannya, Saut berbicara secara eksplisit, dan mengambil HMI sebagai amsal (contoh, red). “Mereka orang-orang cerdas ketika mahasiswa, kalau HMI minimal LK 1, tapi ketika menjadi pejabat mereka korup, sangat jahat, culas, dan licik,” ujar Saut dalam tayangan tersebut.(nda)

Loading...

loading...

Feeds

Gelaran The NextDev, Lanjutkan Inovasi Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel kembali menyelenggarakan The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut dilakukan dalam kegiatan …