Demiz Sebut Fasilitas Penyandang Disabilitas di Jabar Masih Minim

Wagub Jabar Deddy Mizwar

Wagub Jabar Deddy Mizwar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kesetaraan hak penyandang disabilitas di Jawa Barat masih belum terlaksana secara maksimal. Sebab kesadaran berbagai pihak untuk memfasilitasi kepentingan penyandang disabilitas di Jabar masih minim.


“Kita masih jauh, bangunan pemerintah juga masih kurang yang memfasilitasi kepentingan penyandang disabilitas. Yang ikut olimpiade penyandang disabilitas saja, pesertanya masih orang di Pulau Jawa. Belum ada dari yang dari luar Pulau Jawa,” ujar Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar, kepada wartawan usai menghadiri penutupan Olimpiade Penyandang Disabilitas di Universitas Widyatama, Jalan Cikutra, Kota Bandung, Senin (9/5).

Deddy mengatakan, kesetaraan hak untuk penyandang disabilitas itu bukan berarti untuk mengasihani. Melainkan, lanjutnya, pemberian hak yang sama kepada penyandang disabilitas di segala bidang. Ia pun sangat mendukung adanya kesetaraan hak untuk penyandang disabilitas.

“Jadi kami juga ingin memperhatikan inklusi di sekolah dan ini salah satu yang menarik. Ada perguruan swasta di Kota Bandung yang memiliki terapi senter untuk penyandang disababilitas. Yang negeri malah belum. Ini contoh yang harus dituri,” ujar Deddy.

Soal dukungannya untuk kesetaraan hak, Deddy mendukung rencana pemerintah pusat untuk menerbitkan inpres. Inpres itu berkaitan dengan upaya pemerintah, pengusaha, dan perusahaan swasta, untuk memenuhi kepentingan penyandang disabilitas.

“Pembangunan di kota, mall, dan perkantoran sudah harus memikirkan kepentingan penyandang disabilitas. Namun selama belum ada inpres kesadaran itu pasti belum tumbuh secara menyeluruh baik swasta dan pemerintah, dan pengusaha,” kata Deddy. (cr2)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …