Pilgub Jabar Diserbu Kalangan Artis

Rieke Diah Pitaloka

Rieke Diah Pitaloka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG— Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Barat diprediksi akan kembali diikuti oleh kalangan artis. Nama-nama selain Deddy Mizwar (Wakil Gubernur Jabar saat ini) yang diprediksi akan maju di antaranya Dede Yusuf, dan Rieke Diah Pitaloka.


Mereka merupakan kontestan pada Pilgub Jabar 2013 lalu. Tidak hanya itu, baru-baru ini, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifly Hasan mengisyaratkan partainya akan mengusung Desi Ratnasari dan Primus Yustisio untuk maju dalam pilgub terbesar di Tanah Air ini.

Pakar politik dan pemerintahan dari Universitas Katolik Parahyangan Bandung, Asep Warlan Yusuf, menilai, majunya para artis tersebut jangan hanya bermodalkan popularitas saja. Selain hal tersebut, kata Asep, artis harus memiliki tiga faktor penting lainnya yakni kompetensi, jejaring yang luas, dan integritas.

“Sayang kalau hanya secara popularitas tanpa disertai tiga hal tadi,” kata Asep saat dihubungi, Minggu (8/5). Asep menjelaskan, para artis tersebut harus memilik kompetensi yang baik.

Mereka harus paham betul akan tata kelola pemerintahan. “Harus tahu juga permasalahan apa yang ada di Jabar, apa yang dibutuhkan Jabar dalam menjalankan pembangunan,” katanya.

Artis pun harus memiliki jejaring yang luas ke semua unsur di Jabar. “Tidak hanya sesama seniman, mereka pun harus memiliki hubungan baik dengan tokoh, politisi, dan elemen lainnya di Jabar,” katanya.

Terakhir, lanjut Asep, artis yang ingin maju di pilgub harus memiliki integritas yang baik agar ketika terpilih mampu melaksanakan visi, misi, dan program pembangunan dengan baik. “Tunjukkan bahwa mereka punya kapasitas, bukan hanya sekedar popularitas. Pemilih di Jabar sudah pintar, tidak akan milih kalau hanya sekedar populer,” ucapnya.

Sementara itu, disinggung pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifly Hasan yang mewacanakan pengusungan Desi Ratnasari dengan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, menurutnya hal itu terlalu dini. Sebab, Asep menilai, keduanya belum memiliki hubungan emosional yang baik sehingga belum tentu memiliki kesamaan program.

“Agak sedikit kawin paksa,” ucapnya. Meski begitu, Asep menyebut, keduanya berpotensi meraup suara jika dipersiapkan dengan baik dan matang.

“Harus terbangun dengan bagus, harus dipersiapkan dari sekarang, jangan kawin paksa,” katanya. Dari sisi popularitas, kata Asep, banyak warga Jabar yang mengenal Desi.

Sedangkan Dedi Mulyadi dinilai berhasil dalam membawa perubahan bagi Kabupaten Purwakarta. “Dia (Dedi) pemimpin yang muda, cerdas, visioner,” katanya.

Namun, Asep meminta Dedi tidak hanya berlandaskan budaya dalam menjalankan pemerintahan. “Tidak hanya cukup dengan aspek budaya,” kata Asep seraya menyebut Dedi harus merangkul kalangan lain di samping budayawan Jabar.

Seperti diketahui, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyambangi Purwakarta dalam rangkaian acara bertajuk “Safari Kebangsaan Membangun Kebhinekaan”, pekan kemarin. Zulkifli datang bersama sejumlah anggota DPR/MPR RI dan fungsionaris PAN beserta tokoh akademisi.

Setelah diterima dan berbincang di Bale Nagri Purwakarta, rombongan safari kebangsaan langsung menuju Bale Citra Resmi tempat digelarnya Safari Kebangsaan. Dalam sambutannya, Zulkifli mengaku terkesima dengan perkembangan Kabupaten Purwakarta yang dahulu kurang terdengar kiprahnya.

Saat ini, menurutnya Purwakarta mengalami kemajuan yang pesat. Ini tidak terlepas dari pola kebijakan yang dibangun oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang mengedepankan falsafah kebudayaan.

“Falsafah kebudayaan yang diterjemahkan oleh Kang Dedi ini sudah mampu mengubah corak Purwakarta menjadi Kabupaten yang memiliki corak kehidupan berpancasila. Saya kira Kang Dedi ini cocok menjadi Gubernur Jawa Barat. Setuju tidak?” ucapnya.

Sambil berkelakar, Zulkifli mengatakan, partai yang dipimpinnya ingin menggandeng Dedi Mulyadi dalam pilgub Jabar mendatang. Menurutnya, visi pembangunan Dedi selalu tampil nyentrik dengan pakaian khas Sunda ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Jabar.

“Ya tapi ajak-ajak kita nanti ya Kang Dedi,” katanya sambil berseloroh. Tak lama setelah candaan itu dilontarkan, anggota DPR RI Desi Ratnasari datang di tengah Acara. Sontak saja Ketua Umum PAN tersebut menyambut Desi dan menawarkan pasangan Dedi-Desi kepada undangan yang hadir. (agp)

Loading...

loading...

Feeds