Libur Panjang, 5 Orang Tewas Mancing di Kepulauan Seribu

Korban-kapal-tenggelam-dievakuasi

Korban-kapal-tenggelam-dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Libur panjang kali ini seharusnya menjadi saat paling menyenangkan bagi warga Jalan Tangkihun III, RT 08 RW 02, Kelurahan Tangki, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Rencana memancing bersama di Kepulauan Seribu yang disusun sejak awal tahun akhirnya terwujud juga


Maka, saat hari yang dinanti-nanti itu tiba, yakni Jumat malam (6/5) pukul 22.00, berangkatlah sepuluh warga Taman Sari itu menuju dermaga Kali Adem ke Pulau Panggang, tempat memancing favorit.

Mereka menyewa kapal kayu milik Abdul Wahab, 37. Entah atas alasan apa, tiga warga, yakni Edy, 35; Indra, 20; serta Reza, 20; urung berangkat ke tengah lautan dan memilih istirahat di Pulau Panggang.

Berkurangnya sejumlah anggota rombongan tak membuat misi dibatalkan. Tujuh orang tetap berangkat memancing, yakni Kristian, 32; Giokliong, 58; Oki, 56; Sonson, 45; Fahrul Majid, 35; Gioksun, 47; dan Doni Marsel, 23. Mereka berangkat dengan kapal yang dikendalikan Abdul Wahab sendiri.

Perjalanan empat jam di tengah suasana sunyi perairan Kepulauan Seribu membuat seluruh penumpang mengantuk. Tinggal Wahab yang terjaga. Sekitar pukul 02.00 Sabtu (7/5), sampailah rombongan kecil itu di perairan Ombong, Pulau Panggang.

“Mereka (korban) memang sudah biasa memancing di Pulau Panggang dan sering menyewa kapal nelayan milik Abdul Wahab,” kata John di kantor perwakilan Mapolres Kepulauan Seribu di Pademangan, Jakarta Utara, kemarin.

Wahab yang berada di ujung kemudi kemudian berniat membangunkan seluruh penumpang. Namun, betapa kagetnya dia saat melihat lambung kapal sudah terisi air setumit.

Sadarlah dia bahwa lambung kapal bocor. Entah karena panik atau apa, Wahab langsung melompat ke laut. Membuat semua penumpang di dalam kapal dalam bahaya besar.

Kapolsek Kepulauan Seribu AKBP John Weynart Hutagalung menyatakan, kapal kayu nelayan itu disewa para korban untuk memancing di perairan laut barat Pulau Panggang.

“Mereka (korban) memang sudah biasa memancing di Pulau Panggang dan sering menyewa kapal nelayan milik Abdul Wahab,” kata John di kantor perwakilan Mapolres Kepulauan Seribu di Pademangan, Jakarta Utara, kemarin.

Lima korban yang sudah meninggal itu pun dibawa ke RSUD Pulau Pramuka untuk diidentifikasi. Dari catatan identitas di tubuhnya, kelima korban adalah Doni Marsel, Gioksun, Fahrul Majid, Sonson, dan Oki.

Seorang anggota rombongan yang belum ditemukan hingga saat ini bernama Giokliong. Setelah ditemukan, kelima jenazah dibawa ke RSUD Kepulauan Seribu dan sudah diidentifikasi pihak keluarga.

(gum/c9/kim)

Loading...

loading...

Feeds

Tersangka, Rizieq Syihab Terancam 6 Tahun

Polda Metro Jaya akhirnya resmi melayangkan surat panggilan kepada Rizieq Syihab. Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu dipanggil terkait kerumunan saat …

Rizieq Syihab Terancam Pidana

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab telah meninggalkan Rumah Sakit (RS) Ummi di Kota Bogor, Sabtu (28/11).