Naik Level, Rumah Sakit Ibu-Anak Ini Tingkatkan Pelayanan Kelas A

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Seiring naiknya level, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSKIA) Kota Bandung akan meng-upgrade pelayanan ke kelas A.


“Sekarang, kita di kelas B, nanti, setelah ada gedung baru akan naik level ke kelas A,” ujar Direktur Utama (Dirut) RSKIA Kota Bandung Nina Manarosana, kepada wartawan, Selasa (3/5).

Menurut Nina, tahun ini, akan dibangun gedung baru di kawasan Kopo, dengan luas lahan sekitar 7 ribu meter persegi, namun yang dibangun dua ribu meter persegi.

“Karena levelnya naik, maka kapasitas juga naik. Kalau untuk rumah sakit khusus, kapasitas 100 orang juga sudah bisa masuk ke kelas A,” tambahnya.

Selain kapasitas, sarana dan prasarana juga akan ditingkatkan. Misalnya, untuk ruang NICU, sekarang hanya ada 7 incubator, rancananya di gedung baru akan ada 20 incubator.

“Kita memang tidak bisa menyediakan sapras NICU lebih banyak, karena dana yang tidak memungkinkan. Selain itu, biaya operasional juga sangat besar,” paparnya.

Padahal, sebagai rumah sakit pemerintah, RSKIA memprioritaskan pelayanan kepada masyarakat menengah ke bawah.

“Kita kan banyaknya disubsidi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat menengah ke bawah, dengan layanan BPJS dan BPJS daerah,” terangnya.

“Padahal, klaim ke BPJS, tidak bisa diganti semua,” terangnya.

Nina mengakui, pihaknya memberikan pelayanan dengan konsentrasi keselamatan ibu dan anak. Karena secara nasional angka keselamatan ibu dan anak memang masih rendah.

“Jadi yang jadi ukuran di suatu kota, kan angka keselamatan ibu dan anak saat melahirkan,” tegasnya.(mur)

Loading...

loading...

Feeds