Layani Pasien Tak Mampu, RS Ibu dan Anak Ini Pasang Tarif Segini

RS KIA Kota Bandung

RS KIA Kota Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-RS Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Kota Bandung melayani pasien tidak mampu dengan tarif Rp35 ribu se malam.


“Itu sudah termasuk kamar, makan dan snack,” ujar Direktur Utama (Dirut) RSKIA Kota Bandung, Nina Manarosana, kepada warwatan, Selasa (3/5).

Nina mengatakan, untuk obat, pihaknya menggunakan obat generik. Namun, Nina menegaskan, meski generik tidak berarti obatnya jelek.

“Walaupun murah, tapi kualitasnya memadai kok,” ungkap Nina.

Nina mengakui, untuk tarif ini, memang masih jauh dari memadai. Mengingat harga-harga bahan makanan yang kini melambung tinggi.

“Namun, kita kan terikat peraturan, yang menentukan tarif sebesar Rp35 ribu dan kita belum bisa menaikan tarif,” kata Nina.

Kalau dihitung-hitung, lanjut Nina, kebutuhan pasti besar. Namun, rumah sakit tetap memberikan pelayanan semaksimal mungkin sesuai dengan peraturan.

Untuk pasien yang dilayani, tambah Nina, tidak hanya warga Kota Bandung.

“Kita kan tidak bisa memilah-milah. Dari manapun asal pasien, pasti akan dilayani,” tegasnya.

Terlebih, RSKIA, kini menjadi rujukan RS ibu dan anak se Bandung Raya. Sehingga, harus mampu melayani walau dari pasien luar kota.‎ Sedangkan untuk subsidi dari ABPD, lanjut Nina,
Pada 2016 ini di atas Rp29 milyar, angka ini naik dibanding 2015 yang hanya Rp26 miliar.

“Sementara untuk operasional rumah sakit sebesar Rp63 miliar pada 2015. Tahun ini diperkirakan naik, karena ada renovasi beberapa ruangan untuk menambah box bayi,” terangnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds