Apapun Kebijakan Wabup Subang Harus Dikonsultasikan ke Ojang Sohandi

Bupati Subang Ojang Sohandi saat mengenakan rompi tahanan KPK.

Bupati Subang Ojang Sohandi saat mengenakan rompi tahanan KPK.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta Wakil Bupati Subang Imas Aryumningsih tetap berkoordinasi dengan Bupati Ojang Suhandi dalam menjalankan pemerintahan. Meski dinyatakan sebagai tersangka, Imas harus tetap menjalin komunikasi dengan tersangka penyuapan tersebut.


Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengatakan, pihaknya sudah mengumpulkan seluruh unsur forum pimpinan daerah pekan lalu membahas roda pemeritahan di Subang. Selama status hukum Ojang yang ditahan KPK jelas dan penggantinya ditetapkan Kementerian Dalam Negeri, Imas diminta bekerja sesuai tugas dan wewenang bupati.

“Wakil Bupati menjalankan kewenangan dan tugas sebagaimana bupati, karena dalam kasus ini bupati dianggap berhalangan. Namun, dalam pelaksanaan tugas tersebut tetap dikonsultasikan dengan Bupati (Ojang),” kata Iwa.

Imas pun diwanti-wanti tidak melakukan mutasi secara sembarangan. Jika kebutuhan mendesak, mutasi tetap bisa dilakukan namun harus mengikuti aturan dan meminta rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri.

“Supaya jalannya pemerintah tetap berjalan dan pembangunan tidak terganggu,” katanya. Meski status Ojang sudah tersangka, Imas tetap diminta mengkonsultasikan seluruh kebijakan pada yang bersangkutan.

Ini sesuai Undang-undang No. 9/2015 Tentang Perubahan kedua UU No.23/2014 pasal 65 ayat 3, di mana jika bupati tak bisa menjalankan tugas dan kewenangannya, maka tugas dan kewenangannya dilaksanakan oleh wakil bupati. “Apapun kebijakan Ibu Wakil Bupati harus dikonsultasikan pada Pak Ojang,” katanya.

Salah satu tugas Wakil Bupati yang mendesak adalah mengawal rencana pembangunan Pelabuhan Patimban, Subang yang ditargetkan mulai dibangun 2017 mendatang. Saat ini, Kabupaten Subang sudah mengerjakan beberapa persyaratan seperti penuntasan Amdal Lalu Lintas, juga rekomendasi dari Bupati Subang terkait pembangunan pelabuhan regional.

Selanjutnya, di Bappeda Subang sedang dilakukan revisi RTRW Subang guna memasukan Patimban sebagai pelabuhan utama. “Awalnya Patimban pelabuhan regional ini harus ditingkatkan jadi pelabuhan utama,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Seribu Masyarakat Adat Baduy Divaksin Covid-19

RADARBANDUNG.id- PEMERINTAH terus meningkatkan program vaksinasi Covid-19. Termasuk kepada kelompok masyarakat adat. Seperti vaksinasi Covid-19 untuk seribu masyarakat adat di …