Ratusan Calon Polisi Bandung Tandatangani Ini

polisi

polisi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-Sebanyak 689 orang calon anggota Polri yang mendaftar di Polrestabes Bandung menandatangani pakta integritas di Gor Pajajaran, Jalan Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Senin (2/5).


Ratusan calon anggota Polri ini akan mengikuti seleksi penerimaan anggota Polri secara terpadu (Akpol, Brigadir dan Tamtama) Polda Jawa Barat tahun 2016.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Angesta Romano Yoyol mengatakan, penandatanganan pakta integritas ini dimaksudkan sebagai sarana kontrol pengendalian dana dalam setiap proses penerimaan calon anggota Polri. Pakta integritas ini pun, lanjut Yoyol, sebagai upaya untuk menjalankan proses seleksi tanpa praktik suap, KKN dn pelanggaran hukum lainnya.

“Sehingga, akan dihasilkan calon taruna dan taruni Akpol, Brigadir dan Tamtama Panda Polda Jabar yang terbaik, baik dari aspek jasmani dan rohani, maupun dari aspek mental dan intelektual,” ujar Yoyol di Gor Pajajaran.

Yoyol mengatakan, untuk menghindari praktik suap menyuap dan KKN, jajaran Polrestabes Bandung menerapkan prinsip “Betah” (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) dalam proses penerimaan anggota Polri tahun ini.

“Keluarga tidak memancing dan merayu panitia selama proses penyeleksian calon anggota Polri,” katanya.

Yoyol mengatakan, berdasarkan aturan rekrutmen calon anggota Polri, setiap seleksi tidak dipungut biatya apapun. Menurut Yoyol, tidak dibenarkan jika penerimaan calon anggota Polri menggunakan sejumlah uang. Penerimaan, ujar Yoyol, menggunakan dana APBN.

“Apabila calon anggota Polri telah memenuhi standar kelulusan, maka akan lulus menjadi anggota Polri tanpa harus membayar kepada oknum panitia ataupun perantara yang menawarkan jasa,” katanya.

Yoyol pun menekankan kepada pihak panitia penerimaan calon Polri untuk menyelenggarakan proses penerimaan ini dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab. Sehingga, tidak ada penyalahgunaan wewenang dalam proses penerimaan.

“Apabila ada oknum yang terbukti melakukan pelanggaran, maka tidak segan-segan akan diberikan sanksi dan diproses sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

Dengan adanya proses seleksi yang transparan, diharapkan dapat menghasilkan anggota Polri yang terbaik. Selain itu, ujarnya, proses penerimaan ini juga sebagai langkah strategis penataan dan pembinaan personil Polri sejak awal menjadi anggota Polri.

“Sehingga, secara bertahap, diharapkan akan terwujudnya calon pimpinan Polri masa depan yang profesional,” katanya.(cr2)

Loading...

loading...

Feeds

Cara Memperbarui Whatsapp GB

POJOKBANDUNG.com–DENGAN menggunakan whatsapp GB tentu akan mendapatkan banyak fitur yang tidak di miliki whatsapp resmi. Pengguna dapat menginstalnya melalui berbagai …