Ratusan Ikan Koi Ramaikan Ne Day Koi Show di Bandung

panitia kontes ikan Koi di Bandung.

panitia kontes ikan Koi di Bandung.

 


‪POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Untuk ke 16 kalinya Zenn Nippon Airinkai (ZNA) chapter Bandung menggelar kompetisi ikan koi berskala nasional. Kompetisi yang bertajuk One Day Koi Show ini akan digelar di Gedung Serbaguna Setraduta, Kota Bandung, Sabtu (14/5).

Pada gelaran nanti, akan memperlombakan tiga kelas berbeda. Dan akan melibatkan juri dari Jepang. Masing-masing diantaranya Wada Suguru (Wada Koi Farm), Naoto Kobayashi (Kobayashi Koi Farm) dan Hiroshi Toyama (Koi-Loba Farm Japan).

“Tadinya kami memperlombakan empat kelas, namun kali ini kami memperlombakan tiga kelas dengan perhitungan khusus dari ketiga juri tersebut,” kata ketua show Benny Gunawan kepada wartawan, Jumat (29/4).

Ketiga kelas itu sendiri, merupakan inovasi dari ZNA chapter Bandung. Sebab, untuk kompetisi koi di Jepang saja, selama ini hannya mempertandingkan dua kelas berbeda.

“Lebih maksimal, dan memberikan kesempatan kepada brider (peternak) lokal untuk ikut berkompetisi,” ujarnya.

Penekanan untuk para brider lokal, sambung dia, terlihat dari varietas di kelompok ukuran yang diperlombakan. Untuk mini champion (0-15 sentimeter) dan baby champion (16-25 sentimeter) umumnya, berasal dari brider lokal.

Sementara di ukuran junior champion diisi (26-30 dan 31-35 sentimeter). Kemudian, young champion (36-40 da 41-45 sentimeter). “Terakhir di grand champion di ukuran 46 hingga 50 dan 51 hingga 55 sentimeter,” ujarnya.

Dia mentargetkan pada kompetisi nanti, ratusan ikan koi akan memeriahkan even satu hari itu.

“Target keseluruhan peserta kami targetkan sebanyak 800 ekor koi. Tiap peserta diperbolehkan mengikutsertakan sebanyak mungkin ikannya di tiga kelas tersebut,” katanya.

Dia mengatakan, khusus untuk mini champion dan baby champion, tiap pemenang akan diberikan uang pembinaan Rp 1 juta dan tropi. Sementara untuk ukuran kelas ukuran, junior, young dan grand champion akan diberikan piala dan sertifikat khusus dari ZNA.

Disinggung mengenai keikutsertaan, Benny mengatakan, para peserta koi umumnya lebih stabil dari tahun ke tahun. Malah, panitia show pernah mencatat hinga 1.200 peserta dalam kompetisi serupa beberapa waktu lalu.

“Yang menjadi catatan dan pembeda, dari tahun ke tahun kualitas brider semakin baik. Sebab, mereka lebih sering ikut dalam kompetisi,” tuturnnya.

Sementara itu, Presiden ZNA chapter Bandung Hartono Sukwanto mengatakan, kompetisi ini akan menjadi tolok ukur dan kemampuan para brider dalam mengembangbiakkan ikan koi. “Dengan lebih seringnya kompetisi, maka brider lokal akan semakin terpacu untuk bisa lebih baik lagi,” tutur pria yang pernah menjadi juara dunia Nishikogoi off The World 2013 tersebut.

TIdak hanya itu, dia juga akan merangsang brider lokal dengan memberikan bibit anak Mu-land yang pernah membawanya jadi juara dunia. Harapannya, makin banyak brider lokal yang bisa bersaing di tingkat nasional. (pra)

Loading...

loading...

Feeds