Pemilik Super Market Wajib Punya Peralatan dan SDM Uji Makanan

Dispertapa Kota Bandung, BP POM dan Dinas Pasar sidak ke Pasar Sederhana jelang Ramadan. (murwani)

Dispertapa Kota Bandung, BP POM dan Dinas Pasar sidak ke Pasar Sederhana jelang Ramadan. (murwani)

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG— Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertapa) Kota Bandung Elli Wasliah mengatakan, sejak dicanangkan tahun penertiban oleh wali kota, pihaknya sudah mewajibkan para pemilik pasar modern (super market) agar memiliki peralatan dan petugas uji makanan.

Itu dilakukan untuk mengantisipasi makanan mengandung zat berbahaya yang ada di makanan yang mereka jual.
Menurut Elli, sosialisasi itu sudah dilakukan dua minggu lalu dengan mengundang manager divisi super market. “Intinya jika tetap menjual bahan makanan mengandung zat berbahaya, maka pasar modern itu bakal diberikan sanksi sosial ekpose di media sehingga ada efek jera,” ujar Elli.

Selain sanksi sosial, lanjut Elli, sanksi perdata dan pidana bakal dikenakan Distan seperti tertuang dalam UU no 12 tahun 2012 tentang keamanan pangan. Sanksi bagi pihak yang sengaja memproduksi atau mengedarkan makanan dan olahan makanan mengandung zat berbahaya disanksi Rp 4 miliar dan kurungan 2 tahun penjara.

“Untuk lebih menyosialisasikan keamanan pangan itu, pedagang di pasar tradisional saat ini mendapat berbagai pelatihan, semisal latih potong ayam. Pengawasan sendiri dilakukan rutin setiap hari hanya untuk tim gabungan bakal digelar dalam waktu 6 kali diantaranya jelang ramadan, lebaran dan tahun baru,” papar Elli.

Terkait hasil tes uji makanan oleh para pemilik pasar modern, menurut Elli, hasilnya diserahkan sendiri oleh para pemilik pasar modern itu ke dinas pertanian setiap mereka mendapat kiriman pasokan dari penyuplai barang. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …