Lobi Kerja Sama Asing, Ridwan Kamil Rekrut ‘Duta Besar Bandung’

ridwan_kamil

ridwan_kamil

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Wali Kota Bandung Ridwan Kamil terpaksa merekrut dua alumnus ITB untuk membantu dirinya, melakukan lobi-lobi kerja sama dengan pihak luar negeri dalam berbagai bidang.


“Jadi gini, ada instrumen-instrumen yang tidak tersedia di dalam formasi birokrasi. Saya meminta tolong kepada orang-orang yang baik hari untuk memfollow up kerjasama dengan luar negeri,” ujar Ridwan Kamil kepada wartawan, Jumat (29/4).

Ridwn Kamil mengakui, PNS Pemkot Bandung masih memiliki keterbatasan. Soalnya, belum ada yang memiliki kemampuan untuk melobi dan menindaklanjuti kerjasama dengan luar negeri.

“Kelemahan di pemkot, SDM di kerja sama luar negerinya terbatas. Disuruh ngmong Bahasa Inggris enggak bisa. Jadi saya meminta tolong orang informal. Komunikasi kerjasamanya jadi dua tiga kali lebih cepat. Ada dua orang yang saya mintain tolong, dua-duanya lulusan ITB,” ungkap Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil pun tak merasa rugi kendati untuk membayar ‘duta besar Bandung’ itu, kudu mengorek koceknya sendiri. Bagi Ridwan Kamil, hubungan luar negeri saat ini suatu hal yang bisa dijadikan strategic partner.

“Membereskan negeri ini mau pake inovasi atau apa adanya. Kalau pakai apa adanya enggak bisa. SDM enggak memungkinkan,” jelasnya.

Ridwan Kamil berharap, Undang-undang ASN bisa segera melahirkan aturan terkait Pegawai Pemerintahan Berdasarkan Kontrak Kerja (P3K). Sehingga pihaknya bisa merekrut pekerja non PNS untuk mengisi kekosongan SDM di Pemkot Bandung.

“Selama UU ASN PP-nya belum keluar, saya improvisasi sendiri. Keluar uang pribadi. Kalau sudah ada P3K, orang-orang ini bisa saya tawari bekerja di Pemkot,” pungkas Ridwan Kamil. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …