Persiapan Lebaran, 2.921 Km Jalur Arus Mudik Akan Dipantau Dinas Bina Marga Jabar

Pintu Tol Cipali saat mudik lebaran. Foto:jpnn

Pintu Tol Cipali saat mudik lebaran. Foto:jpnn

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Dinas Bina Marga Jawa Barat akan melakukan pengecekan kondisi ruas jalan yang sering dilalui pemudik saat arus mudik dan balik Idul Fitri (lebaran). Untuk pemantauan arus mudik lebaran tahun ini, Dinas Bina Marga Jabar akan bekerjasama dengan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jabar.

Jika tak ada halangan, pengecekan jalur akan mulai dilakukan besok baik di jalur utara, tengah, dan selatan. “Surveinya dilakukan sekitar satu mingguan,” kata Kepala Dinas Bina Marga Jabar M. Guntoro, di Gedung Sate, Bandung, Kamis (28/4).

Dia mengatakan, jalur mudik di Jabar yang pertama kali disurvei adalah arah Kabupaten Bandung ke selatan Jabar seperti Garut dan Tasikmalaya. Meski begitu, menurutnya, mereka telah memprioritaskan ke arah timur seperti Cirebon dan pantai utara.

“Kemudian ke jalur selatan, ke arah Tasikmalaya dan ke Jawa Tengah. Itu saja yang krusial,” katanya.

Dia menjelaskan, total ruas jalan provinsi yang akan dicek terkait persiapan arus mudik dan balik Lebaran 2016 ini mencapai sekitar 2.921 kilometer. Dirinya berharap, tidak ada persoalan apa pun di lintas mudik tersebut.

Terlebih, selain perawatan yang dilakukan berkala, kehadiran Jalan Tol Cikopo-Palimanan diyakin akan membantu pemudik. “Saya kira jalur sudah bagus, sudah ada Tol Cipali. Saya kira tidak ada masalah dan sangat membantu lah,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds